TribunPekanbaru/

Percepatan Perekaman Data Kependudukan, Disdukcapil Solok Selatan Sediakan Yankel

kegiatan ini, guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, serta percepatan perekaman data penduduk hingga kepelosok nagari.

Percepatan Perekaman Data Kependudukan, Disdukcapil Solok Selatan Sediakan Yankel
diky lesmana/valoranews
Mobil pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Solok Selatan. Mobil yankel ini yang akan melakukan jemput bola terkait permasalahan kependudukan di Solok Selatan hingga ke pelosok nagari. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Solok Selatan, Sumatera Barat gelar Pelayanan Keliling (yankel).

Dikutip dari valora.co.id kegiatan ini, guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, serta percepatan perekaman data penduduk hingga kepelosok nagari.

Baca: Ibu Muda di Solok Lahirkan Bayi Kembar Tiga

Kepala Disdukcapil Solok Selatan, Efi Yandri mengatakan, pelayanan keliling atau mobil bergerak ini dilakukan untuk upaya percepatan perekaman data penduduk hingga ke pelosok nagari yang ada di Solok Selatan.

"Yankel ini salah satu upaya jemput bola Disdukcapil Solok Selatan, untuk mengatasi permasalahan data kependudukan," katanya.

Menurutnya, mobil yankel ini akan selalu berkeliling dari satu nagari ke nagari lain. Dan melayani pembuatan, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Akta Kematian dan proses kepindahan kependudukan.

Baca: Pasokan Darah Minim, Wabup Solok Selatan Wajibkan ASN Donor

"Namun untuk KTP, mobil yankel baru bisa melayani perekaman data secara offline. Proses pencetakan tetap dilakukan di kantor Disdukcapil untuk sementara waktu," jelasnya.

Dia mengatakan, saat ini mobil yankel tersebut belum memiliki jaringan komunikasi data yang terintekgritas hingga kepusat. Karena, hingga saat ini pihak Telkom dan Telkomsel belum bisa menentukan apa jenis jaringan yang dibutuhkan mobil yankel ini.

"Untuk anggaran jaringan komunikasi data ini, kita telah anggarkan pada APBD Solok Selatan tahun 2017," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya sangat berharap pihak Telkom dan Telkomsel segera menentukan jenis jaringan komunikasi data untuk mobil yankel Disdukcapil Solok Selatan ini. Agar, masyarakat lebih mudah untuk berurusan persoalan kependudukan.(*)

Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help