TribunPekanbaru/

Desa Parit Kebumen Desa Unggulan

Prestasi yang diraih oleh Desa Parit Kebumen memang telah terasa pada realita saat ini. Terlihat dari toleransi dan gotong royong yang masih kental.

Desa Parit Kebumen Desa Unggulan
istimewa
Hidayatun Nisa, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Desa Parit Kebumen 

Oleh : Hidayatun Nisa, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Desa Parit Kebumen

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Prestasi yang ditorehkan oleh desa yang baru mekar yakni Desa Kebumen, Kecamatan Rupat menuaikan kebanggan bagi Kabupaten Bengkalis. Awalnya desa Parit Kebumen merupakan sebuah dusun bagian dari Teluk Lecah dengan memiliki komunitas desa dengan berisikan orang-orang dari Kebumen. Untuk menunjukkan suatu daerah ini dibuat parit-parit besar yang kebetulan dibuat oleh orang-orang Kebumen.

Tahun 2004 terdapat proses pemekaran desa hingga dibuatlah nama desa Parit Kebumen sesuai yang sering dikenal dengan masyarakat sekitar dengan dasar hukumnya Perda Nomor 8 Tahun 2004.  

Dari awal berjalannya waktu sejak desa ini dibentuk dan berkembang hingga dikenal sebagai desa unggulan. Pengaturan manajemen administrasi, dan manajemen sumber daya manusia dilakukan, di antaranya, setiap anak anak lulusan perguruan tinggi diangkat sebagai aparatur desa.

Selain itu juga dilakukan penyusunan pada monografi dan profilnya, serta hal itu tidak terlepas dari komunikasi kepada pemerintah luar. Bahkan untuk pengembangan desa aparatur desa pernah mengadakan study ke Desa Sepahat Kecamatan Bukit Batu dan Tour ke Siak guna belajar dan berkarya dalam membangun desa.

Prestasi yang pernah diraih Desa Parit Kebumen yakni, tahun 2013 dalam event lomba desa dengan hasil pada tingkat kecamatan terbaik 1 dan pada tingkat kabupaten terbaik 3. Selanjutnya dalam perlombaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Pada tahun 2016 Desa Parit Kebumen mendapatkan juara 1 tingkat kabupaten, harapan 2 tingkat provinsi, lalu pada tahun 2017 Desa Parit Kebumen merupakan terbaik 1 tingkat kabupaten, serta pada tingkat provinsi Riau meraih terbaik 2 dari 1.500 lebih desa yang akan dikukuhkan bersamaan dengan kegiatan HUT ke-72 RI.

Prestasi yang diraih oleh Desa Parit Kebumen memang telah terasa pada realita saat ini. Hal ini terlihat dari toleransi dan gotong royong yang masih sangat kental antar masyarakat dan pendatang baru. Sesuai dengan visi dan misi desa yakni menjadi Desa Terbaik. Sebagai mahasiswa Kukerta di sini terasa seperti telah lama tinggal karena kenyamanan dan respon pelayanan yang baik dari aparatur dan masyarakat desa.

Dari prestasi yang telah diraih masih terdapat beberapa kendala yang ditemui sejak desa ini berkembang yakni, sumber daya manusia yang masih kurang, tidak memiliki akses jaringan Internet yang memadai, serta adanya regulasi yang berubah-ubah setiap tahunnya dari kabupaten dan provinsi bahkan dari tingkat pusat.

Namun hal itu masih diupayakan untuk terus dikembangkan serta perbaiki kembali agar meminimalisir segala kekurang yang ditemui oleh desa setiap tahunnya. Harapan untuk Desa Parit Kebumen, generasi penerus bisa menjadi lebih baik dan menjadi tauladan bagi desa lain.

Ka UR Pemerintahan Desa Kebumen, Hambali menyebutkan, ebagai gambaran percontohannya bahwa belum lama ini Desa Kebumen dikunjungi oleh SMA Santa Maria sebagai wadah study dalam kegiatan latihan kepemimpinan.

Sekretaris Desa Kebumen, Muhammad Amin mengungkapkan, sesuai dengan visi misi Desa Parit Kebumen menjadi Desa Terbaik, baik dalam administrasi maupun pelayanan, akan melanjutkan prestasi desa ke tingkat yang lebih tinggi.

"Prinsipnya, jika bisa dipermudah mengapa harus dipersulit," ungkap M Amin. (*)

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help