TribunPekanbaru/
Home »

Video

GIIAS 2017

VIDEO: Melihat Pembuatan Mobil Toyota di Pabrik Sunter Jakarta

Toyota Astra Motor (TAM) sudah mempergunakan bahan lokal sebagai bahan baku pembuatan mesin dan suku cadang berbagai jenis mesin untuk kendaraan-kenda

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com, Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.com, JAKARTA -Toyota Astra Motor (TAM) sudah mempergunakan bahan lokal sebagai bahan baku pembuatan mesin dan suku cadang berbagai jenis mesin untuk kendaraan-kendaraan unggulannya.

Produksi mesin ini dilakukan di pabrik Sunter I dan Sunter II, Jakarta. Di sini mesin diproduksi untuk tipe 1.500 cc hingga 2.700 cc. Seluruhnya untuk konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bensin atau yang beroktan lebih tinggi. Mesin diesel tidak diproduksi di Indonesia. Mesin ini khusus diproduksi oleh Toyota di Thailand.

Kendati demikian, mesin bensin yang diproduksi di Indonesia ini telah membawa nama Indonesia ke kancah Internasional. Mesin 60 persen diproduksi untuk konsumsi internasional.

Perakitan mesin di pabrik Sunter dikerjakan sepenuhnya oleh tenaga kerja lokal. Mesin diproduksi dengan melebur besi yang seluruhnya disuplay dari penyuplai dalam negeri.

Besi dilebur dan dicetak menggunakan cetakan yang dibuat dari pasir. Dari sini, mesin yang tercetak akan dirapikan oleh teknisi. Mesin yang telah dicetak membuhkan waktu beberapa jam untuk didinginkan.

"Di sini (pabrik Sunter II) ada enam tungku peleburan mencetak mesin. Satu hari bisa mencetak 800 sampai seribu mesin," ujar Heriyoso selaku General Manager Head Product Division PT.Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Penulis: Ilham Yafiz
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help