TribunPekanbaru/

Empat Hari Pelalawan Nihil Titik Api, Ternyata Ini Penyebabnya

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kondisi nihil titik api di Pelalawan terhitung sejak Kamis

Empat Hari Pelalawan Nihil Titik Api, Ternyata Ini Penyebabnya
Foto/Istimewa
Kepala BPBD Kab Pelalawan, Hadi Penandio 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Johannes Wowor Tanjung
TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Hujan yang turun mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pelalawan membantu mengurangi titik api. Firespot yang terpantau tiga pekan sebelumnya mendadak hilang.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kondisi nihil titik api di Pelalawan terhitung sejak hari Kamis (10/8) hingga Minggu (13/8/207).

Bahkan titik panas atau hotspot juga tidak terpantau. Hal ini membuat tim gabungan Satgas Pemadaman Kebakaran Lahan Hutan (Karlahut) bisa beristirahat setelah berjibaku dengan si jago merah sebelumnya.

"Insyaallah kita nihil titik api dalam empat hari ini. Ini juga didukung oleh cuaca, dimana hujan turun merata di Pelalawan," ungkap Hadi Penandio, kepada Tribun.

Baca: Listrik di Rumah Dinas Pejabat Siak Ini Terpaksa Diputus, Alasannya Bikin Kaget

Dikatakannya, api yang sebelumnya terpantau di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti serta Kecamatan Ukui dan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) dipastikan sudah padam total.

Demikian juga dengan lokasi-lokasi yang rentan terbakar lainnya seperti Kecamatan Langgam dan beberapa kecamaan lainnya juga nihil.

Meski demikian, tambah Hadi Penandio, pihaknya tetap siaga. Seluruh personil dari berbagai instansi yang masuk dalam tim gabungan siap diturunkan ke lokasi apabila sewaktu-sewaktu api berkobar lagi.

Baca: Balita 4 Tahun Alami Menstruasi Dini, Tak Disangka Penyebab Karena Orang Tuanya Beri Makanan Ini

Selain itu komunikasi serta koordinasi dengan perangkat desa dan kecamatan maupun Masyarakat Peduli Apil (MPA) tetap dijalin.

"Kita tetap melakukan monitoring bersaa semua tim. Kita berharap kondisi nihil titik api bertahan terus," tandasnya. (*)

Penulis: johanes
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help