TribunPekanbaru/

Dekopin Pekanbaru Harapan Baru Cabaran Baru

Nilai strategis hal ini semakin nyata ketika kita menyadari bahwa hari ini soalan tentang KUMKM merupakan isu strategis nasional yang paling hangat.

Dekopin Pekanbaru Harapan Baru Cabaran Baru
istimewa
Kadisperindag Kota Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut 

Ingot Ahmad Hutasuhut, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - "Luar biaso ni Pak, walikota langsung turun tangan nampaknyo," ujar salah seorang pengurus gerakan Koperasi ketika beberapa waktu lalu berlangsung acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-70 tingkat Kota Pekanbaru, yang mana pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Pekanbaru yang diketuai langsung oleh Walikota Pekanbaru.

Terlepas dari soalan mengenai kapasitas pribadi ataupun jabatannya, essensi yang sangat kentara adalah betapa gerakan koperasi sangat merindukan adanya keterlibatan langsung dari kekuatan yang ada dalam mengembalikan gerakan koperasi kembali kepada amanat dasarnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga gerakan Koperasi di kota ini secara bersama-sama mempercayakan nakhoda Dekopin kepada orang nomor satu di Pekanbaru ini melalui Musyawarah Daerah beberapa waktu yang lalu.

Nilai strategis hal ini semakin nyata ketika kita menyadari bahwa hari ini soalan tentang KUMKM (Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu issue strategis nasional yang paling hangat.

Betapa tidak, perihal ini sampai-sampai diatur dengan regulasi setingkat Undang-undang dan dijabarkan dengan Peraturan Presiden.
Agaknya kondisi perkoperasian yang masih belum sepenuhnya seperti yang diharapkan, atau bahkan ekspektasi sedemikian tinggi terhadap eksistensi koperasi ini pulalah yang melatar belakangi "turun tangan"-nya walikota Pekanbaru.

Berbagai spekulasi bisa saja timbul terhadap peristiwa ini, tetapi semuanya akan terjawab dengan realitas yang terjadi setelah kepengurusan ini berjalan, tentu ini cabaran tersendiri pula bagi kepengurusan baru ini.

Yang jelas, kondisi ini pastilah membawa angin segar bagi gerakan koperasi di kota Pekanbaru, semburat harapan telah terbersit, semoga kepengurusan ini membawa perubahan besar yang positif bagi kemajuan gerakan Koperasi, insya Allah. (*)

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help