Amankah Jika Pestisida Disemprot ke Buah? Ini jawabannya

Pestisida sistemik lokal cuma akan menembus jaringan daun (efek translaminar) dan tidak dapat ditranslokasikan ke jaringan tanaman lainnya.

Amankah Jika Pestisida Disemprot ke Buah? Ini jawabannya
Tribun Pekanbaru/ Theo Rizky
Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, El Syabrina memantau pasar jongkok, Kamis (5/2/2015). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tribun Pekanbaru memiliki rubrik tanya jawab terhadap warga. Segala permasalahan diajukan ke bagian Hotline Public Service (HPS). Kali ini Ada pertanyaan tentang pembasmi hama untuk tanaman. Ini bentuk pertanyaannya

Selamat pagi tribun. Mohon tanyakan pihak pakar pertanian. Apakah ada pembasmi hama tanaman yang aman untuk disemprotkan pada pohon buah. Kami kawatirnya, pembasmi hama yang mengandung pestisida bisa masuk dalam buah dan tidak aman untuk dikosumsi. 
+6285272484×××

Menjawab pertanyaan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, El Syabrina mengatakan, Pestisida apa saja yang sudah ada izin atau rekomendasi dari pemerintah, bila dipakai sesuai aturan, insyaAllah aman. Pestisida harus dipakai 2-3 minggu sebelum buah dikonsumsi.

Untuk buah-buahan sebaiknya pestisida yang dipakai adalah Pestida sistemik lokal. Pestisida ini jika disemprotkan ketanaman hanya akan meresidu bagian permukaan tanaman dan hanya mampu menembus jaringan daun. Pestisida sistemik lokal cuma akan menembus jaringan daun (efek translaminar) dan tidak dapat ditranslokasikan ke jaringan tanaman lainnya. Hama akan mati jika memakan permukaan tanaman yang teresidu dan hama yang bersembunyi di balik daun akan mati jika memakan bagian bawah daun tersebut. Jadi pestisida ini tidak akan terakumulasi pada buah.

Bisa juga digunakan pestisida kontak yang akan membunuh atau meracuni hama secara langsung. Namun efektifitasnya terbatas, meski demikian, aman bagi manusia. Pestisida ini mudah tercuci ketika hujan.

Sekian informasi dari Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, El Syabrina kepada Tribun, Rabu (16/8).(*)

Penulis:
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved