TribunPekanbaru/

Advertorial

Pegadaian Kerja Bersama Membangun Perekonomian Bangsa

Langkah nyata Pegadaian dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tampak dari peran sertanya dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri

Pegadaian Kerja Bersama Membangun Perekonomian Bangsa
Foto Istimewa

SALAH satu tujuan kemerdekaan Republik Indonesia adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai agen pembangunan memiliki peran penting dalam pembangunan. Pegadaian, sebagai bagian dari BUMN, ditujukan untuk mencegah ijon, rentenir, dan pinjaman tidak wajar lainnya. Latar belakang lainnya adalah membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil dan mendukung pemerintah dalam pembangunan nasional di bidang ekonomi

Komitmen badan usaha yang didirikan pada 1 April 1901 ini pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dibuktikan dengan konsistensi perusahaan melayani masyarakat menengah ke bawah. Produk dan layanan yang diciptakan menjadi solusi tepat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dana, menginvestasikan dalam bentuk emas, dan mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan.

Bisnis Pegadaian dilaksanakan dengan mengusung basis tiga inti layanan, yakni pembiayaan, bisnis emas, dan aneka jasa. Pada lini bisnis pembiayaan, Pegadaian menyediakan jasa gadai, pembiayaan usaha mikro secara fidusia, pembiayaan kendaraan bermotor, dan pembiayaan porsi haji.

Pegadaian Ikut Kerja Bersama Membangun Perekonomian Bangsa 1
Pegadaian Ikut Kerja Bersama Membangun Perekonomian Bangsa 1 (Foto Istimewa)

Pegadaian juga memberikan edukasi dan penyediaan sarana investasi emas, tabungan emas dan konsinyasi emas. Sementara itu, untuk mempercepat akses transaksi keuangan masyarakat, Pegadaian menyediakan jasa multi pembayaran secara online, jasa pengiriman uang, jasa taksiran dan sertifikasi batu permata, jasa penitipan dan save deposit box, serta persewaan gedung, tempat usaha, dan perhotelan.

Selain melalui produk dan layanan, Pegadaian terus meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat. Kegiatan yang populer dengan istilah Corporate Sosial Responsibility (CSR) ini diwujudkan dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Program kemitraan (PK) adalah suatu program yang mewajibkan BUMN untuk memberikan pinjaman usaha dan pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Program kemitraan yang dilakukan Pegadaian meliputi sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan sektor lainnya.

Pegadaian Ikut Kerja Bersama Membangun Perekonomian Bangsa 2
Pegadaian Ikut Kerja Bersama Membangun Perekonomian Bangsa 2 (Foto Istimewa)

Sementara itu, Bina Lingkungan (BL) adalah sebuah program yang diberikan melalui bantuan dana untuk mewujudkan program/kegiatan dalam rangka pengembangan masyarakat. Sektor bina lingkungan yang dilakukan meliputi bantuan korban bencana alam, pendidikan/pelatihan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, dan pengentasan kemiskinan.

Langkah nyata Pegadaian dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tampak dari peran sertanya dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Pegadaian bersinergi dengan IndonesiaRe menggelar beragam kegiatan di provinsi Sulawesi Tenggara. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah program Siswa Mengenal Nusantara, Bedah Rumah Veteran, Jalan Sehat dan Upacara Bendera.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita pembangunan guna mengisi kemerdekaan, Pegadaian selalu menjalin kerja sama dan melakukan sinergi dengan sesama BUMN maupun institusi lainnya. Sinergi ini selaras dengan semangat gotong-royong yang telah mengurat-mengakar dalam budaya bangsa Indonesia dan memiliki arti penting dalam memperkokoh kehadiran BUMN memberikan solusi bagi rakyat Indonesia. (adv)

"Penasaran dengan produk pegadaian apasaja, silahkan kunjungi http://sahabatpegadaian.com/produk-pegadaian"

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help