TribunPekanbaru/

Festival Pacu Jalur

Gubernur Riau Tiba Tempat Upacara Pembukaan Pacu Jalur 2017

Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara membuka Festival Pacu Jalur, Rabu (23/8/2017).

Gubernur Riau Tiba Tempat Upacara Pembukaan Pacu Jalur 2017
TribunPekanbaru/Aan Ramdani
Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara didampingi Bupati Kuantan Sengingi Mursini telah hadir di Lapangan Limuno, Taluk Kuantan untuk membuka Festival Pacu Jalur, Rabu (23/8/2017). 

Laporan Reporter Tribunpekanbaru.com, Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara didampingi Bupati Kuantan Singingi Mursini telah hadir di Lapangan Limuno, Taluk Kuantan untuk membuka Festival Pacu Jalur, Rabu (23/8/2017).

Tampak pula didampingi oleh Ketua DPRD Riau yang diwakili oleh anggota DPRD Riau Supriati, Wakil Bupati Kuansing, Halim. Tampak pula dalam kesempatan tersebut Bupati Siak Syamsuar.

Saat ini para tamu undangan sedang menyaksikan tari persembahan. 

Baca: 193 Jalur Siap Bersaing di Tepian Narosa, Ini Nama-Namanya

Dua jalur berlomba menjadi yang tercepat dalam Festival Pacu 2016 di Tepian Narosa Taluk Kuantan, Kuantan Singingi, Jumat (26/8). Di hari kedua pelaksanaan, hanya tersisa 50 jalur yang masih terus bertahan dalam perlombaan sistem gugur tersebut.
Dua jalur berlomba menjadi yang tercepat dalam Festival Pacu 2016 di Tepian Narosa Taluk Kuantan, Kuantan Singingi, Jumat (26/8). Di hari kedua pelaksanaan, hanya tersisa 50 jalur yang masih terus bertahan dalam perlombaan sistem gugur tersebut. (TribunPekanbaru/Melvinas Priananda)

Festival Pacu Jalur sebagai sebuah acara budaya masyarakat tradisional Kabupaten Kuantan Singingi,Riau.

Dilansir dari Wikipedia, Pacu jalur biasanya dilakukan di Sungai Batang Kuantan.

Hal ini tak lepas dari catatan panjang sejarah, Sungai Batang Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu dan Kecamatan Cerenti di hilir, telah digunakan sebagai jalur pelayaran jalur sejak awal abad ke-17.

Dan, di sungai ini pulalah perlombaan pacu jalur pertama kali dilakukan.

Sedangkan, arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan, dengan panjang lintasan sekitar 1 km yang ditandai dengan enam tiang pancang.

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help