TribunPekanbaru/

E-Retribusi, Bangun Kepercayaan Ungkit Partisipasi

Hal ini menghadirkan potret PKL yang semrawut, terkesan tidak higienis dan tidak memenuhi unsur estetika bagi wajah kota.

E-Retribusi, Bangun Kepercayaan Ungkit Partisipasi
istimewa
Ingot Ahmad Hutasuhut: Kadis Perindag Kota Pekanbaru 

Ingot Ahmad Hutasuhut, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARU.COM - “KAMI mau ikut aturan-nyo Pak, tapi nan jolas". Begitu ungkap seorang ibu pelaku usaha Pedagang Kaki Lima (PKL) di lingkungan arena Car Free Day ketika saya bertanya bagaimana jika nanti diterapkan retribusi pelayanan pasar dan retribusi pelayanan kebersihan di lokasi itu.

Memang kenyataannya keberadaan PKL/UMKM telah memberi warna tersendiri pada wajah Pekanbaru. Ia telah menjadi fenomena kegiatan ekonomi sebagian warga kota. Secara teknis juga akan cenderung terus bertambah sejalan dengan pertumbuhan kota dengan segala aspeknya.

Baca: Bangunan SLB Sekar Meranti Bukti Ketimpangan Pembangunan

Kenyataan ini agaknya perlu disikapi dengan bijak, agar image PKL identik dengan kesemrawutan dan masalah kebersihan dapat diantisipasi dengan baik. Paling tidak terdapat 2 hal yang penting dalam kaitan ini.

Pertama, bagaimana kita bisa memberikan ruang yang relatif cukup untuk kegiatan ini. Kiranya perlu dipertimbangkan untuk menetapkan zona tertentu yang memungkinkan PKL untuk beraktifitas.

Dalam hal ini ada baiknya kita menelaah kembali potret PKL yang selama ini masih tetap beroperasi di banyak tempat dalam kota yang kendatipun secara ilegal pada kenyataannya tetap berjalan hingga saat ini.

Hal ini menghadirkan potret PKL yang semrawut, terkesan tidak higienis dan tidak memenuhi unsur estetika bagi wajah kota.

Seringkali kelompok PKL ini justru dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk keuntungannya, atau kelompok tertentu pula.

Dengan adanya legalisasi hingga tingkatan tertentu, maka kegiatan PKL dapat diawasi, dibina, bahkan ditumbuh kembangkan. Bukan mustahil pula dengan penataan yang baik, keberadaanya justru menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Pekanbaru.

Halaman
12
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help