TribunPekanbaru/

Menuju Smart City, Pemkab Siak Gelar Bimtek Bagi Aparatur Pemerintah Daerah

"Dalam era kemajuan teknologi informasi saat ini, kita jangan sampai ketinggalan zaman. KIta justru akan

Menuju Smart City, Pemkab Siak Gelar Bimtek Bagi Aparatur Pemerintah Daerah
Istimewa
Pemkab Siak terus berbenah dalam melakukan peningkatan pelayan publik. Salah satunya dengan menjadikan teknologi informasi sebagai basis perwujudan pelayanan publik yang cepat, efektif dan efisien. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemkab Siak terus berbenah dalam melakukan peningkatan pelayan publik. Salah satunya dengan menjadikan teknologi informasi sebagai basis perwujudan pelayanan publik yang cepat, efektif dan efisien. Untuk itu secara berkelanjutan, Pemkab menggelar bimbingan teknis bagi aparatur pemerintahan yang diwaliki oleh jajaran OPD, UPT dan kecamatan.

Wakil Bupati Siak H. Alfedri dalam arahannya menyatakan, Pemkab Siak di bawah kepemimpinan Bupati Syamsuar berkomitmen memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat dan efisien kepada masyarakat Kabupaten Siak dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

"Dalam era kemajuan teknologi informasi saat ini, kita jangan sampai ketinggalan zaman. Kita justru akan manfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik," kata Alfedri.

Pemkab Siak masuk dalam kelompok 100 Smart City yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informasi yang sudah diluncurkan pada 20 Mei 2017 yang lalu di Kota Makassar. Gerakan ini akan diwujudkan selama dua tahun mulai 2017-2019. Pemkab Siak sendiri akan merumuskan fokus kebijakan kota pintar yakni smart kepariwisataan, smart UKM, dan smart pertanian dan pangan.

“Langkah-langkah yang akan kita lakukan harus terencana dengan baik, terarah dan terukur. Maka, kepada aparatur pemerintahan yang ikut dalam bimtek ini akan menjadi ujung tombak keberhasilan smart city yang akan kita wujudkan tersebut. Pak Bupati Syamsuar berpesan agar pelatihan ini dapat berhasil dan berdaya guna karena merupakan salah satu visi pemerintahan saat ini,” terang Alfedri.

Ia menegaskan, selama ini Pemkab Siak telah membuktikan adopsi TIK dalam pelayanan publik. Hal tersebut menyangkut perizinan dan alarm persalinan dini yang mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Pemkab Siak di bawah kepemimpinan periode kedua duet Syamsuar-Alfedri ingin menjadikan Negeri Istana tersebut sebagai kota hijau, kota kreatif, kota sehat, dan berujung pada Siak sebagai kota pintar.

Kadis Kominfo Siak Arfan Usman menjelaskan, ini merupakan kali kedua bimtek digelar. Pihaknya mendatangkan narasumber dari Kementerian Kominfo Dr. Winarno selaku beliau pakar Smart City juga sebagi Dosen Universitas Muliti Media Nusantara (UMN) Jakarta serta Afandi wartawan Kompas Gramedia.

Arfan menambahkan tujuan dari kegiatan ini adalah mempersiapkan aparatur dalam mendukung program menuju Siak Smart City. Yakni meningkatkan pelayanan publik melalui teknologi informasi.

"Sehingga setiap masalah dapat terpetakan dan bisa lansung dibuatkan solusi teknologinya. Dengan begitu, pelayanan publik bisa lebih efektif dan efisien," jelas Arfan. (*)

Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help