TribunPekanbaru/

Cacing Hati Masih Ditemukan, Total Hewan Kurban di Kampar 4.838 Ekor

"Terjadi peningkatan dari estimasi sebelumnya. Dari 4.601 ekor menjadi 4.834 ekor. Data sudah masuk hari

Cacing Hati Masih Ditemukan, Total Hewan Kurban di Kampar 4.838 Ekor
Tribun Pekanbaru/ Nando
Bupati Kampar, Azis Zaenal beserta keluarga menghabiskan momen Idul Adha di kampung halamannya, Desa Kuapan Kecamatan Tambang. Didampingi istri, Nur'aini, Bupati ikut pemotongan hewan kurban di desa itu, Sabtu (2/9/2017) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Puncak pemotongan hewan kurban di Kampar pada Perayaan Hari Raya Idul Adha, Sabtu (2/9/2017). Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar mengkonfirmasi total hewan kurban yang disembelih sebanyak 4.834 ekor.

Angka ini di atas data jumlah awal yang dihimpun. Sebelumnya, Disbunnak Keswan merilis data sementara satu hari menjelang Idul Adha, hewan kurban sebanyak 4.601 ekor.

"Terjadi peningkatan dari estimasi sebelumnya. Dari 4.601 ekor menjadi 4.834 ekor. Data sudah masuk hari ini dari koordinator kecamatan," ungkap Kepala Disbunnak Keswan, Bustan melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Deyus Herman, Sabtu malam.

Baca: VIDEO: Usia Demian Gagal di AGT, Perlakuan Warga Amerika Bikin Netizen Indonesia Terkejut

Deyus menyebutkan, cacing hati pada hewan kurban masih ditemukan di hari kedua. Merujuk laporan yang ia terima, cacing hati pada Kerbau ditemukan di Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota, Desa Penyesawan Kecamatan Kampar dan Desa Sawah Baru Kecamatan Kampa.

"Di tiga lokasi (desa) tersebut, masing-masing satu ekor," kata Deyus. Pada hari sebelumnya, Jumat (1/2), seekor Kerbau bercacing hati ditemukan di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Meski begitu, ia mengemukakan, semua hewan kurban di Kampar, dagingnya laik konsumsi. Ia mengatakan, secara umum kondisi hewan kurban sehati.‎ (*)‎

Penulis: nando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help