TribunPekanbaru/

Begini Aksi Sahabat Muda Pekanbaru Ajak Generasi Muda Manfaatkan Waktu Luang

Kegiatan ini lebih kepada melatih kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan, sekaligus pengenalan komunitas kepada masyarakat.

Begini Aksi Sahabat Muda Pekanbaru Ajak Generasi Muda Manfaatkan Waktu Luang
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komunitas Sahabat Muda Pekanbaru menggelar latihan bisnis sosial, di Kawasan Car Free Day (CFD), Jalan Diponegro, Pekanbaru, Minggu (3/9/2017).

Dalam latihan ini, sahabat muda Pekanbaru terlihat tidak banyak meyediakan produk. Kegiatan ini lebih kepada melatih kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan, sekaligus pengenalan komunitas kepada masyarakat.

"Memang cuma berlatih kepemimpin dan kewirausahaan, produk yang kami bawa merupakan hasil karya sendiri," ungkap Relawan Pendamping Sahabat Muda Pekanbaru, Mawaddah kepada Tribun disela-sela kegiatannya.

Melalui kegiatan latihan kewirausahaan sosial ini, Sahabat Muda Pekanbaru mengharapkan lahirnya pemuda yang punya kompetensi di Bidang bisnis.

"Jadi memang kegiatan Sahabat Muda Pekanbaru memberdayaakan mahasiswa untuk memanfaatkan waktu luang mereka kepada kegiatan bermanfaat," jelas Mawaddah.

Sahabat Muda Pekanbaru, merupakan komunitas yang diinisiasi dan diisi oleh kalangan mahasiswa. Anggota dari komunitas ini, datang dari mahasiswa berbagai kampus.

Dijelaskan Mawaddah, terdapat 3 macam kegiatan yang menjadi inti hadirnya komunitasnya. Mereka menyebut sebagai helping People yang dikenal dengan aksi Sahabat Mesjid, Sahabat Anak dan dan Sahabat Jompo.

"Kita setiap hari selalu ada kegiatan, pertama sahabat mesjid dengan kegiatan bersih-bersih mesjid, setiap hari 4 mesjid, kita cari mesjid yang kurang terawat. Sahabat Anak, kita kumpul bersama 30 orang anak, balajar bersama dengan buku bacaan, menulis, dengan harapan anak-anak Pekanbaru punya minat baca dan belajar," papar Mawaddah.

"Dan untuk Sahabat Jombo, kita membantu jompo lewat tenaga, menyisir rambut mereka, motong kuku dan sebagainya, agar hari-hari mereka lebih ringan," imbuhnya.

Sahabat Muda Pekanbaru juga aktif menggelar kegiatan sosial berbagi, di waktu-waktu tertentu seperti ramadhan, mereka aktif dalam kegiatan buka puasa bersama dan baksos penyerahan donasi.

Sebulan sekali, kumunitas ini rutin menggelar workshop dengan tema yang mengarah kepada pembentukan karakter anak muda, sehingga lebih peduli dan lebih peka terhadap lingkungan.

"Kita mengajak anak-anak muda Pekanbaru aktif dalam kegiatan sosial, tidak nongkrong di cafe dan sebagainya, seharusnya anak muda bisa memanfaatkan waktu kosong mereka dengan bergabung bersama kita. Karena jadwal kita sama sekali tidak ganggu waktu kuliah," ungkap Mawaddah. (*).

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help