TribunPekanbaru/

Empat Hari Pemeriksaan, Petugas Sempat Temukan Sapi Belum Cukup Umur

Meskipun tidak menemukan hewan kurban tidak layak konsumsi, saat melakukan pemeriksaan fisik tim menemukan sapi yang belum cukup umur

Empat Hari Pemeriksaan, Petugas Sempat Temukan Sapi Belum Cukup Umur
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sapi kurban 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Muhammad Natsir

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban Bengkalis belum menemukan hewan kurban yang tidak layak konsumsi hingga saat ini.

Pemeriksaan dilakukan petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Bengkalis selama empat hari mulai tiga hari sebelum lebaran kemarin.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Perternakan Bengkalis Muhammad Bero mengatakan, dua belas orang dokter hewan telah diturunkan kemarin untuk melakukan pemeriksaan.

Namun hingga saat ini belum ada ditemukan hewan kurban yang tidak layak konsumsi atau mengalami sakit.

"Sampai hari ini belum, ada temuan mulai dari pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan daging setelah di potong, " ungkap Bero, Minggu (3/9).

Menurut Bero, meskipun tidak menemukan hewan kurban tidak layak konsumsi, pihaknya saat melakukan pemeriksaan fisik ada menemukan sapi yang belum cukup umur untuk disembelih.

Namun sudah kita sampaikan kepemiliknya untuk ditukarkan.

"Temuan ada namun hanya sapi yang belum cukup umur untuk disembelih. Hewan tersebut sudah di kembalikan dan diganti, " kata Bero.

Menurut Bero, selain itu, sampai hari ini pihaknya juga belum menerima laporan adanya temuan dari warga kondisi daging yang tidak layak konsumsi.

"Kita tiga hari sebelum lebaran sudah edarkan juga kontak person ke setiap kecamatan nomor yang bisa dihubungi jika ada temuan. Namun sampai hari ini belum ada laporan masuk, " kata dia.

Bero, juga telah memastikan, hewan kurban yang dipotong di Bengkalis berasal dari hewan kurban lokal.

"Semuanya hewan lokal. Sebagian dari Bengkalis sebagian lagi dari Kampar, " ungkapnya (*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help