TribunPekanbaru/

Waspada! Jangan Coba-coba Tinggalkan Benda-benda Ini di Dalam Mobil

Sebagai masyarakat modern yang disibukkan dengan beragam kegiatan, telepon genggam jadi kebutuhan wajib dalam kegiatan harian.

Waspada! Jangan Coba-coba Tinggalkan Benda-benda Ini di Dalam Mobil
Ist
ilustrasi - Mobil terbakar 

TRIBUNPEKANBARU.COM – Sebagai masyarakat modern yang disibukkan dengan beragam kegiatan, telepon genggam jadi kebutuhan wajib dalam kegiatan harian. Kebutuhan untuk terus terkoneksi ini tidak terkecuali dilakukan dalam mobil.

Untuk memastikan telepon genggam terus berfungsi maka aksesori power bank kerap jadi teman setia dalam perjalanan. Namun siapa sangka aksesori ini dapat menjadi salah satu pemicu kebakaran pada kendaraan.

“Aksesori power bank punya kemungkinan lebih tinggi menjadi penyebab kebakaran. Kalau aksesori seperti charger USB malah hampir tidak mungkin,” ucap Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Minggu (3/9/2017).

Aksesori power bank yang ditinggal di atas dashboard kendaraan bisa jadi penyebab kebakaran. Terlebih jika kendaraan diparkir di area terbuka.

Suhu yang meningkat membuat komponen power bank dapat meledak. Ini sudah terbukti setelah dilakukan pengetesan pada beberapa aksesori power bank murah dimana saat suhu tertentu meledak.

“Untuk amannya, jangan pernah meninggalkan power bank dalam kendaraan. Jadi perhatian untuk yang sering parkir di luar langsung terkena matahari,” ucap Riecky.

Selain powerbank, terdapat beberapa benda yang perlu perhatian khusus untuk tidak ditinggal dalam kendaraan. Di antaranya antara lain korek api, barang elektronik dengan baterai terpasang seperti laptop, tablet, handphone dan kamera digital.

"Selain itu segala jenis produk yang menggunakan kaleng bertekanan tinggi atau aerosol can seperti hair spray dan cat kaleng, perlu perhatian khusus. Benda-benda ini bisa menyebabkan ledakan karena suhu tinggi dalam kabin," ucap Riecky.

Perhatian khusus juga ditujukan pada pemilihan aksesori telepon genggam. Pastikan yang memiliki mutu baik dan terjamin, tidak asal murah karena untuk kebutuhan dan keamanan saat penggunaan.

Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help