TribunPekanbaru/

Penuh Bebatuan Prasejarah, Surga Tersembunyi di Bangka

Destinasi wisata baru yang selama ini bagaikan surga tersembunyi ditemukan di daerah Belinyu, Kabupaten Bangka.

Penuh Bebatuan Prasejarah, Surga Tersembunyi di Bangka
Kompas.com/Heru dahnur
Pantai penuh bebatuan metamorf yang diduga berusia ratusan juta tahun di Belinyu, Kepulauan Bangka Belitung. 

Penulis: Kontributor Pangkalpinang, Heru Dahnur

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKAL PINANG - Destinasi wisata baru yang selama ini bagaikan surga tersembunyi ditemukan di daerah Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Obyek wisata berupa pantai sepanjang hampir satu kilometer ini dipenuhi bebatuan metamorf yang usianya ditaksir mencapai ratusan juta tahun.

Perjalanan panjang harus dilewati untuk menjangkau kawasan pantai yang terletak di Desa Pejem, Kabupaten Bangka itu. Untuk mencapai lokasi, dibutuhkan sedikit kehati-hatian karena akses jalan yang belum memadai.

Tim perintis yang tergabung dalam Masyarakat Pecinta Alam (Maraspala) Indonesia yang dibagi dalam beberapa tim menyambangi lokasi tersebut. Mereka berjalan kaki serta menggunakan sepeda motor.

Tantangan medannya cukup memacu adrenalin seperti melewati jembatan kayu, menyusuri pantai, hingga melintasi titian kayu yang dibuat sederhana oleh nelayan setempat.

Kawasan pantai yang bahkan belum memiliki nama ini terpaut hampir satu jam perjalanan dari desa terdekat. Di kawasan pantai ini, hanya terdapat beberapa rumah kayu milik Suku Lum yang disebut-sebut sebagai suku asli Bangka.

l
Tim harus melewati titian kayu untuk mencapai lokasi pantai bebatuan metamorf di Belinyu, Kepulauan Bangka Belitung.(kompas.com/heru dahnur)

Rombongan pun berkesempatan singgah di rumah warga yang seakan terkucil dari kehidupan luar tersebut. Sembari melepas penat, segarnya buah kelapa bisa dinikmati.

Perjalanan pun dilanjutkan. Sebuah perbukitan dengan pepohonan yang cukup lebat harus dilewati. Usai hill walking selama hampir setengah jam, rombongan akhirnya tiba di pantai penuh bebatuan metamorf.

Bebatuan metamorf diduga berasal dari perubahan suhu dan tekanan lapisan bumi yang berlangsung sejak jutaan tahun lalu.

Halaman
12
Editor: Ariestia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help