TribunPekanbaru/

Aset BUMD Stanum Bakal Diaudit

"Kita (Satgas) sudah menyurati Inspektorat supaya dilakukan audit," kata Nurbit. Menurut dia, Inspektorat

Aset BUMD Stanum Bakal Diaudit
tribunpekanbaru/nando
Pekerja membersihkan areal sekitar kolam renang Stanum 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Pemerintah Kabupaten Kampar berhasil menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Pertanggungjawaban APBD 2016. Capaian ini karena persoalan aset dapat diselesaikan.

Persoalan aset Pemkab Kampar selesai. Namun masih menyisakan nilai aset berupa investasi Pemerintah yang tertanam di Perusahaan Daerah Kampar Aneka Karya. Salah satu unit usahanya adalah Taman Rekreasi Stanum.

Baca: Tinggalkan Keluarga Tahun Lalu, Saat Kembali Ibu Malah Potong Kemaluan Putranya

Stanum yang terletak di Jalan Jend. Sudirman, Bangkinang Kota terbentang di atas lahan seluas 17 hektare. Ketua Satuan Tugas Pengelola Stanum, Nurbit belum dapat memaparkan besar nilai aset. Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan ini masih menunggu hasil pemeriksaan Inspektorat Kampar.

"Kita (Satgas) sudah menyurati Inspektorat supaya dilakukan audit," kata Nurbit. Menurut dia, Inspektorat adalah instansi yang berwenang mengaudit Badan Usaha Milik Daerah. Inspektorat bisa saja meminta bantuan dari Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah.

Nurbit menyebutkan, penyertaan modal atau investasi dari Pemkab Kampar dibedakan dalam dua bentuk. Investasi berbentuk uang tunai, kata dia, baru sekali dikucurkan. Yakni sebesar Rp. 5 miliar pada tahun 2015.

Sedangkan investasi berupa tanah dan bangunan di dalamnya saat PD KAK pertama sekali didirikan, Nurbit belum bisa memaparkannya. "Itu kan kekayaan daerah yang dipisahkan," ucapnya.

Nurbit mengungkapkan, Pemerintah belum menganggarkan dana penyertaan modal pada APBD 2018. Sebab masih menunggu kebijakan Bupati tentang masa depan sistem manajemen. Dikatakan, Satgas akan melaporkan hasil kerjanya.

"Nanti diputuskan pola manajemen seperti apa yang cocok. Apakah tetap seperti yang lama? Atau diserahkan kepada investor?," ujar Nurbit. Ia menargetkan, Satgas akan mengembalikan kendali kelola Stanum paling lama akhir tahun ini. (*)‎

Penulis: nando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help