TribunPekanbaru/

Dua Calon Mahasiswa Luar Negeri Tak Dibantu Baznas Kampar, Begini Perasaan Ilham

Ilham diterima di universitas itu pada 2014 silam. Namun harus menjalani program Bahasa di sana untuk

Dua Calon Mahasiswa Luar Negeri Tak Dibantu Baznas Kampar, Begini Perasaan Ilham
Dok. HaloMoney.co.id
Ilustrasi uang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Baznas Kampar hanya membantu biaya keberangkatan 40 orang dari 42 pelajar yang lulus di perguruan tinggi luar negeri. Dua orang yang tidak dibantu yakni, mahasiswa Jerman.

Ilham Afandi salah satunya. Ia bersama Afdal Ghifari. Ilham merasa sedih. Betapa tidak, ia yang termasuk paling vokal menyuarakan kegalauannya dan temannya. Pada berbagai wawancara dengan awak media, ia selalu menjadi juru bicara teman-temannya. Ia sudah berjuang ingin berangkat sejak tahun lalu.

Mahasiswa Fernstudium ini tak tahu alasan permohonannya ditolak Baznas Kampar. Ia hanya diberitahu bahwa persyaratan yang diserahkannya tidak lengkap. "Disuruh minta keterangan mahasiswa. Padahal Ilham sudah serahkan rapor," katanya, Jumat (8/9/2017) siang.

Ilham diterima di universitas itu pada 2014 silam. Namun harus menjalani program Bahasa di sana untuk penyetaraan selama setahun. Ia belum sempat mengikuti ujian akhir program bahasa sebelum masuk kampus. Keuangan kandas dan memaksanya harus pulang ke tanah air.

"Harusnya saya ujian akhir Januari, Februari jadwalnya. Jadi di Jerman memang beda," ujar Ilham menjelaskan alasan dirinya belum bisa melampirkan identitas mahasiwa.

Ilham ikhlas bahkan senang temannya menerima bantuan dari Baznas. Ia pun tak mempersoalkan sikap Baznas. Sekarang, ia hanya bisa berharap kebijakan Pemkab Kampar untuk dirinya. Sebelumnya, ia dan temannya sudah mengajukan proposal ke perusahaan dengan diperkuat surat rekomendasi Ketua DPRD Kampar. "Tapi nggak ada respon sama sekali," ujarnya.

Selain dari Baznas, 42 mahasiswa ini menerima bantuan dari Bupati Siak, Syamsuar. Bantuan itu sebesar Rp. 20 juta. (*)

Penulis: nando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help