TribunPekanbaru/

Nelayan di Kabupaten Siak Bakal Dapatkan Hibah Kapal Fiber

Selain itu, khusus untuk nelayan di Kecamatan Sungai Apit mendapatkan 1 unit kapal fiber dan

Nelayan di Kabupaten Siak Bakal Dapatkan Hibah Kapal Fiber
TRIBUNPEKANBARU.COM/GURUH BUDI WIBOWO
Nelayan Kepulauan Meranti sedang menebar jaring di perairan Tasik Putri Puyu. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Nelayan di kabupaten Siak bakal menerima 26 kapal fiber pada 2017 ini. Kapal tersebut merupakan bantuan hibah dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, yang didapat dari pengajuan Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Siak.

Selain itu, khusus untuk nelayan di Kecamatan Sungai Apit mendapatkan 1 unit kapal fiber dan pembanhunan pos pengawas masyarakat (Poswasmas). Rencananya pos itu akan dibangun di Sungai Kayu Ara, kecamatan Sungai Apit, Siak.

Kepala DPP Siak Susilawati menuturkan, bantuan kapal fiber yang berjumlah 26 unit untuk kelompok nelayan yang sudah membentuk koperasi. Koperasi itu kumpulan dari kelompok-kelompok nelayan yang ada. Sedangkan di Siak hanya ada 3 koperasi nelayan, yakni di Sabak Auh, Siak dan Sungai Apit.

"Karena syaratnya, kapal itu dapat diberikan kepada koperasi nelayan. Jika kelompok nelayan ingin mendapatkan kapal tentu harus membentuk koperasi dulu", kata dia, Jumat (8/9/2017).

Tidak hanya itu, kata Susi, nelayan di kabupaten Siak juga diberikan bantuan asuransi jiwa, bantuan fasilitas dan sertifikat tanah nelayan, dan bantuan alat tangkap ikan. Bantuan itu harus direbut di tingkat pusat mengingat banyak daerah yang bersaing.

"Alhamdulillah, meskipun tidak banyak tapi ada bantuan itu. Seperti 1 kapal fiber dan pembangunan Poswasmas, hanya 2 daerah yang dapat. Satu di antaranya ya kita, Siak," kata dia. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help