TribunPekanbaru/

Jangan Biarkan Bangunan Tanpa Izin Berdiri di Dumai

Tapi pendirian bangunan harus tetap mempertimbangkan lokasi atau sesuai peruntukannya. Misal

Jangan Biarkan Bangunan Tanpa Izin Berdiri di Dumai
ilustrasi/net
Izin Mendirikan Bangunanan IMB

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM,DUMAI - Keberadaan bangunan tidak berizin di Kota Dumai menjadi perhatian Walikota Dumai. Ia mengingatkan agar bangunan didirikan sesuai
dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kota Dumai. Meski hingga saat ini RTRW Dumai belum kunjung disahkan.

Tapi pendirian bangunan harus tetap mempertimbangkan lokasi atau sesuai peruntukannya. Misal pembangunan perumahan dilakukan di kawasan pemukiman. Sedangkan pabrik mesti didirikan di kawasan industri.

"Pendirian bangunan juga mesti mempertimbangkan fasilitas umum di sekitarnya. Jadi jangan biarkan berdiri bangunan liar atau tanpa izin," tegas Walikota Dumai, Zulkifli AS kepada Tribun, Senin (11/9).

Diakui Zul AS, terdapat sejumlah bangunan liar tanpa izin berdiri begitu saja. Satu contoh ada Toko Waralaba modern ternyata sudah dua tahun tidak mengantongi izin. Temuan ini mesti jadi perhatian pihak dinas terkait.

Seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dumai, Satpol PP Dumai, kelurahan dan kecamatan. Sebab adanya bangunan liar bisa dibongkar oleh Satpol PP Dumai. Terutama bangunan yang tidak mempertimbangkan kondisi di sekitarnya.

Walau demikian, pihak dinas terkait tidak boleh memanfaatkan adanya bangunan yang berdiri tanpa izin. Apalagi mengutip upeti dari lokasi yang tidak mengantongi izin, sebab tim Sapu Bersih Pungli sudah disebar. "Jangan sampai saya dengar ada oknum yang memeras dan memanfaatkan keberadaan bangunan tanpa izin," terangnyam. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help