TribunPekanbaru/

Terkait Data Bombastis TKA, Ini Langkah Disnaker Pelalawan dalam Waktu Dekat

"Dalam waktu dekat kita akan lakukan kroscek ke perusahaan-perusahaan. Kita turun dan memantau

Terkait Data Bombastis TKA, Ini Langkah Disnaker Pelalawan dalam Waktu Dekat
Tribun Pekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di PLTU Tenayan Raya yang diamankan di kantor Imigrasi, karena sama sekali tidak memiliki dokumen dan surat-surat sepotong pun. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com: Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Temuan data bombastis jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Pelalawan masih ditelusuri oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Sepanjang tahun 2017 ini sebanyak 1.148 TKA terpantau berkerja di Pelalawan.

Data itu dibeberkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) saat Disnaker dan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan bulan lalu. Padahal selama ini TKA yang dilaporkan seluruh perusahaan yang beroperasi di Pelalawan hanya 121 orang saja.

"Dalam waktu dekat kita akan lakukan kroscek ke perusahaan-perusahaan. Kita turun dan memantau langsung," kata Kepala Disnaker Pelalawan, Nasri Fiesda Eli, kepada tribunpekanbaru.com, Senin (11/9).

Nasri menerangkan, data TKA sampai 1.148 orang yang dibeberkan Kemenaker RI dijamin akurat. Sebab pihaknya telah menerima data dalam bentuk berkas yang dikirimkan Kemenaker usai konsultasi. Berangkat dari berkas itu, tim dari Disnaker akan terjun ke lapangan memonitoring secara langsung.

"Komisi I (DPRD) akan kita gandeng terus hingga turun ke perusahaan melakukan kroscek. Ini persoalan serius," tukasnya.

Seperti diketahui, Disnaker menemukan data bombastis jumlah Naker asing di Pelalawan dari Kemenaker. Selama ini hanya 10 persen yang dilaporkan perusahaan dari jumlah yang terdata. (*)

Penulis: johanes
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help