TribunPekanbaru/

Punya Dukungan 331 Ribu, Bakal Calon Gubernur Riau Bisa Maju Tanpa Partai

Dijelaskannya, untuk Pekanbaru dan Kampar berdasarkan DPT Pilkada tahun 2016 lalu, kemudian Indragiri

Punya Dukungan 331 Ribu, Bakal Calon Gubernur Riau Bisa Maju Tanpa Partai
Tribunpekanbaru.com/RAHMADI
Seorang petugas KPPS Kelurahan Pasar Kota Rengat menggunakan pakaian khas warga Tionghoa saat pencoblosan Pilgubri, Rabu (4/9). Pemakaian baju daerah ini menunjukkan keragaman etnis yang selalu hidup rukun serta damai 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Setelah sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menghitung secara kasar angka dukungan untuk calon perseorangan yang akan maju di Pemilihan Gubernur Riau sebanyak 470 ribu, akhirnya setelah dihitung secara rinci melalui rapat pleno, ditetapkan sebanyak 331.119 dukungan.

Komisioner KPU Riau divisi teknis, Abdul Hamid mengatakan, dukungan tersebut diambil dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Pemilu terakhir di masing-masing daerah.

Dijelaskannya, untuk Pekanbaru dan Kampar berdasarkan DPT Pilkada tahun 2016 lalu, kemudian Indragiri Hilir berdasarkan Pemilihan Presiden 2014 lalu, sedangkan 9 daerah lainnya berdasarkan DPT Pilkada 2015 lalu. Sehingga total DPT di 12 kabupaten/kota adalah 3.919.048 dukungan.

"Angka dukungan tersebut kita ambil berdasarkan dari 8,5 DPT terakhir yang pelaksanaan Pemilu di masing-masing daerah. Setelah dihitung, akhirnya didalam rapat pleno tersebut diputuskan kalau syarat minimal pasangan calon dari jalur perseorangan adalah 331.119 dukungan," kata Hamid kepada Tribun, Selasa (12/9).

Hamid juga mengingatkan, para bakal calon perseorangan juga harus mengumpulkan dukungan tersebut yang tersebar lebih dari 50 persen daerah di Provinsi Riau.

"Artiny, minimal harus ada di enam kabupaten/kota di Riau dukungan minimal 331.119 tersebut, itu juga merupakan syarat wajib," ulasnya.

Selain itu, ditambahkan Hamid, bakal calon gubernur harus langsung menginformasikan siapa calon wakilnya secara langsung.

"Sedangkan untuk pengiriman berkas juga disusun berdasarkan tingkatan didaerah, mulai tingkat kelurahan, kecamatan dan kabupaten," tuturnya.

Bagi bakal calon perseorangan yang ingin mengetahui informasi seputar pencalonan melalui jalur perseorangan, menurut Hamid pihaknya membuka diri bagi yang ingin berkonsultasi.

"Bagi bakal calon yang ingin konsultasi, dan mendapatkan informasi yang valid dalam hal pengumpulan dukungan, kami silahkan berkonsultasi ke KPU di jam kerja, kami siap menjelaskan dan memberikan nformasi yang dibutuhkan oleh bakal calon, tim, atau pun partai politik," ulasnya.

Hamid juga menjelaskan, bahwa petapan tersebut dilakukan dalam rapat pleno yang dilaksanakan KPU Riau bersama Bawaslu Riau, berdasarkan surat dari KPU RI Nomor 515, yang mengarahkan untuk berkoordinasi dengan Bawaslu dalam penetapan syarat minimal dukungan calon perseorangan tersebut. (ale)

Penulis: Alex
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help