TribunPekanbaru/

Rokan Hulu

Mudahkan Warga Urus Akte Kelahiran, Ini Yang Dilakukan Kades Termuda di Rohul

Hanya ada 56 warga yang mendaftar dan melengkapi berkas untuk pengurusan Akte Kelahiran, namun pas hari H, lebih dari 100 warga.

Mudahkan Warga Urus Akte Kelahiran, Ini Yang Dilakukan Kades Termuda di Rohul
TribunPekanbaru/DonnyKusumaPutra
Kepala Desa Rambah Muda Rian Denny Setiawan S.IP menggandeng Disdukcapil Rohul untuk pengurusan Akte Kelahiran massal disambut antusias warganya. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN- Demi memudahkan warga dalam mengurus Akte Kelahiran untuk‎ anaknya, Pemerintah Desa Rambah Muda, Kecamatan Rambah Hilir menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohul untuklangsung turun ke desa.

Langkah dilakukan Kepala Desa Rambah Muda Rian Denny Setiawan S.IP menggandeng Disdukcapil Rohul untuk pengurusan Akte Kelahiran massal disambut antusias warganya.

Terlihat ratusan warga Desa Rambah Muda, pada Rabu (13/9/2017), mendatangi kantor desa setempat‎ mengikuti register buku atau tanda tangan buku, sebelum diterbitkan Akte Kelahiran bagi anaknya dilakukan petugas Disdukcapil Rohul.

Kades Rambah Muda, Rian Denny Setiawan, S.Ip mengaku, antusias warganya memang cukup tinggi untuk pengurusan Akte Kelahiran massal ini.

Ia menambahakan, awalnya, hanya ada 56 warga yang mendaftar dan melengkapi berkas untuk pengurusan Akte Kelahiran, namun pas hari H, lebih dari 100 warga yang mendaftarkan anaknya untuk mendapatkan Akte Kelahiran.

Saat ditanya apa alasan warga enggan mengurus Adminduk langsung, Denny menduga karena jarak tempuh yang jauh ke ibu kota kabupaten, serta kesibukan pekerjaan, karna faktor tersebutlah yang membuat masyarakat lebih memilih mengurus di desa.

"Jadi tugas kami selaku pemerintah desa menerapkan apa kebijakan kabupaten, dimana desa harus punya terobosan-terobosan, terutama di bidang pelayanan ke masyarakat," jelasnya.

Denny yang juga Kades termuda di Rohul ini berharap Pemdes Rambah Muda tetap bisa bekerjasama dengan Disdukcapil Rohul.‎ Untuk seluruh ke pengurusan Aminduk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Ini gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun," tambahnya.

Dirinya mengakui sejauh ini diperkirakan lebih dari 50 persen warganya yang sudah mengurus Akte Kelahiran. Diharapkakan dengan adanya kegiatan ini, bisa meningkatkan keinginan masyarakat untuk mengurus Akte kelahiran anaknya.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help