TribunPekanbaru/

Pemkab Siak Serahkan Nota Keuangan APBD Perubahan 2017 ke Dewan

Peningkatan ini dipicu oleh beberapa item di pendapatan daerah. Pada perubahan PAD sebesar Rp 266,2

Pemkab Siak Serahkan Nota Keuangan APBD Perubahan 2017 ke Dewan
Net
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak menyerahkan nota keuangan APBD Perubahan tahun anggaran 2017 ke DPRD Siak, pada rapat paripurna, Rabu (13/9/2017).

Wakil Bupati Siak Alfedri menyerahkan nota keuangan itu langsung ke ketua DPRD Siak Indra Gunawan, setelah membacakan penyampaian pengantarnya.

Dalam penyampaian pengantar nota keuangan itu, diketahui perubahan pendapatan daerah sebesar Rp 1,9 T lebih. Anggaran itu naik sebesar Rp 1,6 T lebih atau 14,37 persen bila dibanding APBD 2017 sebesar Rp 1,6 T lebih.

Peningkatan ini dipicu oleh beberapa item di pendapatan daerah. Pada perubahan PAD sebesar Rp 266,2 miliar lebih atau naik 66,9 miliar dibanding PAD dalam APBD 2017 sebesar 199,2 miliar lebih.

Kenaikan juga dipicu oleh hasil pajak daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah dan lain-lain pendapatan daeeah yang sah. Hanya perubahan retribusi yang mengalami penurunan sebesar 12 persen.

Sementara itu, perubahan belanja daerah menjadi Rp 1,7 T lebih. Angka ini naik sebesar Rp 236,4 miliar atau 15,23 persen.

"Hal lain yang menjadi pertimbangan perubahan APBD adalah adanya beban belanja yang mengalami perubahan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Siak kembali mencermati program dan kegiatan yang telah ditetapkan APBD murni tahun 2017 dengan melakukan evaluasi terhadap program atau kegiatan tersebut", kata Alfedri.

Dengan demikian perubahan APBD ini merupakan tinjak lanjut hasil evaluasi APBD yang telah berjalan, baik dari sisi pendapatan, belanja dan pembiayaan serta koreksi berbagai kemungkinan yang dapat dicapai dan di laksanakan sampai akhir tahun anggaran. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help