TribunPekanbaru/

Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Pemkab Siak Terima Penghargaan dari Presiden

Ia menjelaskan, prestasi Pemkab Siak yang meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) selama enam kali

Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Pemkab Siak Terima Penghargaan dari Presiden
Foto/Istimewa
Bupati Siak, H Syamsuar senang bisa melakukan panen raya nenas di Desa Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Ia ingin desa ini menjadi sentral nenas di Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Siak kembali mendapat penghargaan nasional. Kali ini penghargaan diberikan atas keberhasilan dalam melakukan tata kelola keuangan daerah yang akuntabel dan transparan. Penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi, Kamis (14/9.2017) di Istana Negara dalam rangkaian acara Rakernas Akuntan dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2017.

Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Siak, Wan Saiful Effendi menyatakan, undangan dari Kementerian Keuangan terkait penghargaan tersebut telah diterima. Direncanakan Bupati Siak, Drs H Syamsuar M.Si akan langsung menghadiri acara tersebut, sekaligus menerima penghargaan.

"Undangan sudah kita terima dan akan dihadiri oleh Pak Bupati," kata Wan Saiful.

Ia menjelaskan, prestasi Pemkab Siak yang meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut menjadi cacatan spesial dari Kementerian Keuangan. Itu sebabnya, Pemkab Siak diundang secara khusus untuk menerima penghargaa, bersama 37 daerah lain di Indonesia yang penyerahannya dilakukan di Istana Negara.

Kementerian Keuangan sebelumnya telah melakukan penilaian akuntabilitas dan transparan keuangan pemda di Indonesia. Pemkab Siak dinilai konsisten dalam membenahi pengelolaan keuangan APBD.

Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi menilai penghargaan tersebut merupakan buah dari kerja para aparatur sipil negara (ASN) di jajarannya. Namun menurutnya, penghargaan itu justru menjadi beban moral agar para jajaran ASN makin komit untuk melakukan pengelolaan keuangan secara tepat dan baik.

"Kita bersyukur karena Siak sudah enam kali meraih WTP. Tentu ini adalah upaya para ASN yang ingin sungguh-sungguh melakukan pengelolaan keuangan secara baik," kata Syamsuar.

Raihan opini WTP tersebut pun membuat pundi-pundi APBD Siak ikut bertambah. Pasalnya, pemerintah pusat memberikan dana insentif daerah bagi daerah yang tata kelola keuangannya baik. Pemkab Siak, kata Syamsuar telah menerima dana insentif daerah yang besarannya makin bertambah tiap tahun. Yakni sebesar Rp 7,5 miliar dan Rp 22,5 miliar.

"Mudah-mudahan tahun depan makin bertambah, sehingga bisa menggerakkan pembangunan daerah," kata Syamsuar. (*)

Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help