TribunPekanbaru/

Suasana Pelantikan IKMR Siak Serasa Berada di Kampung Halaman

Tari Pasambahan khas Minang mengawali acara pembukaan. Wakil Bupati Siak Alfedri dan Ketua DPRD

Suasana Pelantikan IKMR Siak Serasa Berada di Kampung Halaman
Tribun Pekanbaru/ Mayonal
Ketua DPRD Siak "mencabik" sirih yang diberikan 3 penari pesambahan dalam acara pelantikan IKMR Siak, Selasa (12/9/2017) di lapangan Siak Bermadah, Siak. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Seribuan masyarakat Minang yang berada di Siak padati lapangan Siak Bermadah, tepian Sungai Siak, Selasa (12/9/2017) malam. Mereka larut pada rangkaian acara pelantikan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Siak, periode 2017-2020.

Suasana rasa berada di kampung halaman sendiri terucap dari mulut ketua IKMR Kecamatan Siak, Eri Gantino. Sebab, pada rangkaian kegiatan itu, didominasi musik tradisional Minangkabau. Suara bansi dan sirunai diputar sebelum acara dibuka.

Tari Pasambahan khas Minang mengawali acara pembukaan. Wakil Bupati Siak Alfedri dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan disuguhkan carano yang berisi sirih dan pinang.

Barulah kemudian diiringi lagu Minang Kabau yang dibawakan secara grup oleh Bundo Kanduang IKMR Siak.

"Mantap kita berkumpul malam ini, benar-benar serasa berada di kampung", ujar Eri Gantino.

Kapolsek Siak Kompol Abdul Rahman juga hadir sebagai ninik mamak orang Minang pada kegiatan itu. Dia menolak disambut istimewa oleh panitia, sehingga lewat di atas pagar bunga untuk masuk ke arena.

"Kenapa pula disambut begitu, saya kan tuan rumah", kata Abdul Rahman sambil menuju ke tenda utama.

Hebatnya lagi, pelantikan ini dimeriahkan oleh artis Minang Madi Gubarsa. Sehingga keluarga "urang awak" yang hadir dalam pelantikan itu merasakan suasana yang sangat gembira dan meriah.

Sedangkan pengurus IKMR Siak yang dilantik sebanyak 25 orang. Eri Gantino adalah ketua. Sebelumnya, ketua IKMR kecamatan Siak, adalah Wihar.

Eri Gantino mengungkapkan, pihaknya terharu dalam pelantikan itu. Sebab, masyarakat Minang Riau di Siak dan undangan banyak yang hadir. Ia bertekad membawa IKMR Siak menjadi paguyuban yang diperhitungkan di Siak.

"Yang sudah terdata ada 800 KK "urang awak" di kecamatan Siak. Sudah 40 persen kita buatkan kartu anggota. Target kita, usai dilantik, kita data lagi berapa banyak kita berada di kota ini", kata pria pengusaha rumah makan itu. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help