TribunPekanbaru/

Terkait Program Tilang CCTV di Pekanbaru, Ini Penjelasan Dinas Perhubungan

Plt Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Edi

Terkait Program Tilang CCTV di Pekanbaru, Ini Penjelasan Dinas Perhubungan
TribunStyle/Kolase
Tilang CCTV 

Laporan : Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru tidak memiliki anggaran untuk pengadaan fasilitas untuk menggalakkan program tilang CCTV. Program ini sudah diterapkan disejumlah kota di Pulau Jawa dan terbukti efektif memantau para pengendara yang melanggar lalu lintas.

Plt Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Edi Syofyan saat dikonfirmasi Tribun, Rabu (13/9) mengungkapkan, wacana tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 2009 lalu. Pihaknya bahkan saat itu sudah melakukan pemetaan dimana saja titik yang akan dipasang CCTV.

"Rencana itu ada, tapi sampai sekarang belum bisa kita realisasikan karena anggaran di kota (APBD) kan terbatas," katanya.

Pihaknya mengaku sudah mengusulan pengadaan fasilitas untuk tilang CCTV tersebut ke pemerintah pusat. Namun hingga saat ini usulan tersebut belum disetujui oleh pemerintah pusat (APBN).

Edi menjelaskan, untuk pengadaan fasilitas pendukung tilang CCTV pihaknya mengusulan anggaran sebesar Rp 48 milliar. Anggaran tersebut sudah mencakup seluruh fasilitas pendukung program Analisis Trafic Control Sistem (ATCS).

"Mulai dari ruang pemantaunya, kameranya, perangkat komputernya, dan alat-alat lainya," ujarnya.

Sementara terkait hasil pemetaan wilayah atau persimpangan mana saja yang akan dipasang CCTV, Edi mengaku beberapa tahun lalu sudah melakukanya. Dari hasil pemetaan dan survei saat itu, diakui Edi ada sekitar 30 titik.

"Itu hasil survei kita tahun 2009 lalu. Kalau sekarang kita lakukan pendataan lagi tentu jumlahnya bertambah. Karena sekarang kan sudah banyak pertambahan persimpangan baru di Pekanbaru," katanya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help