TribunPekanbaru/
Home »

Video

VIDEO: Jokowi Kirim Bantuan untuk Pengungsi Rohingya di Perbatasan Myanmar-Banglades

residen Joko Widodo, Rabu (13/9/2017) pagi, melepas bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya di perbatasan

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU -- Presiden Joko Widodo, Rabu (13/9/2017) pagi, melepas 34 ton bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya di perbatasan Myanmar-Bangladesh.

Pelepasan bantuan kemanusiaan itu dilaksanakan di Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Alhamdulillah pada hari ini 13 September 2017, kita dapat memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi dari Rakhine State yang saat ini berada di perbatasan Bangladesh-Myanmar," ujar Jokowi.

Sebanyak 34 ton bantuan kemanusiaan itu terdiri dari makanan siap saji, paket sembako, family kit, tangki air, tenda untuk pengungsi, pakaian anak serta selimut.

Bantuan ini diangkut menggunakan empat pesawat Hercules.

Baca: VIDEO: Kejutan Ultah dengan Semprotkan Benda Ini, Wajah Pria Ini Malah Tersambar Api

"Kenapa kita memakai pesawat, karena dari pengalaman yang lalu, memakai kontainer memakan waktu yang lama. Padahal bantuan ini sangat dibutuhkan, diharapkan untuk secepatnya dipakai oleh pengungsi di perbatasan Bangladesh dan Myanmar," ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan, bantuan ini diberangkatkan usai dirinya menugaskan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkomunikasi dengan pemerintah Bangladesh dan Myanmar mengenai bantuan apa yang dibutuhkan pengungsi.

Bantuan ini bukanlah yang terakhir. Ke depan, pemerintah terus menghimpun bantuan kemanusiaan untuk didistribusikan untuk ratusan ribu pengungsi Rohingya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, yang bersama-sama pemerintah, baik masyarakat, dari ormas, pemerintah daerah, para pengusaha yang bersama-sama nantinya akan juga mengirimkan bantuan bantuan untuk saudara-saudara kita," ujar Jokowi. (*)

Berita ini sudah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul Jokowi Melepas 34 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Rohingya

Editor: David Tobing
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help