TribunPekanbaru/
Home »

Video

Rohul

VIDEO: Warga Desa Rambah Ramai-Ramai Urus Akte, Ini Penyebabnya!

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sangat meng Apresiasi kegiatan yang

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Rambah Muda, Kecamatan Rambah Hilir.

‎Dimana, Langkah dilakukan Kepala Desa Rambah Muda Rian Denny Setiawan S.IP menggandeng Disdukcapil Rohul untuk pengurusan Akte Kelahiran massal disambut antusias warganya.

Kepala Seksi (Kasi) Kelahiran Disdukcapil Rohul, Riski Hidayat SH‎, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh Pemdes Rambah muda ini

"Kita merasa senang melihat antusias ratusan warga Desa Rambah Muda, mendatangi kantor desa setempat untuk ‎ mengikuti register buku atau tanda tangan buku, sebelum diterbitkan Akte Kelahiran bagi anaknya dilakukan oleh pihaknya," katanya, Rabu (13/9/2017), di Kantor Desa Rambah Muda.

‎Diakuinya, kegiatan yang dilakukan ini, sangat membantu pihaknua, apalagi sekarang Disdukcapil sedang menggesa pengurusan Akte Kelahiran dari pemerintah pusat.

Riski mengharapkan, seluruh Pemdes yang ada di Kabupaten untuk selalu memikirkan warganya dalam pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti Pemdes Rambah Muda.

Ditegaskanya, Disdukcapil Rohul siap turun langsung seperti dilakukan di Desa Rambah Muda.

Baca: VIDEO: Polisi Ini Sujud Minta Maaf Meski Dimaki-maki Warga, Ternyata Ini Kisah Pilu Dibaliknya

Hal tersebut agar seluruh anak-anak Rohul memiliki Akte Kelahiran.

Turun langsung ke desa, diakui Riski, sudah dilakukan Disdukcapil Rohul sejak 2016 silam. Sudah ada beberapa desa di beberapa kecamatan yang disambangi petugas, seperti di Kecamatan Tambusai Utara, Kepenuhan, Tandun dan lainnya.‎

‎Lebih lanjut dijelaskanya, hingga saat ini baru sekitar 60 persen anak di Kabupaten Rohul yang sudah memiliki Akte Kelahiran atau Akte Lahir.

"Akte Lahir sangat penting, bukan hanya untuk kepentingan sekolah saja, hubungan perdata ayah dan ibunya itulah Akte Lahir tersebut," imbuhnya.

Diakuinya, banyak alasan warga enggan datang langsung ke Kantor Disdukcapil Rohul, seperti akses jauh, kurangnya informasi, dan takut dipersulit.

"Padahal kita tidak pernah mempersulit masyarakat. Pemerintah desa juga harus membantu warganya, seperti yang dilakukan oleh Pemdes Rambah Muda," tutupnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help