TribunPekanbaru/

Dumai Cuma Dapat Multiplier Effect dari Pabrik Oleokimia Bernilai Rp 4,77 Triliun

Menurutnya, satu multiplier effect bagi masyarakat yakni serapan tenaga kerja. Sebab areal ini

Dumai Cuma Dapat Multiplier Effect dari Pabrik Oleokimia Bernilai Rp 4,77 Triliun
internet
pabrik kelapa sawit

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Walau berada di Dumai, ternyata Pabrik Oleokimia Sinar Mas Cepsa di areal PT.Energi Sejahtera Mas Lubuk Gaung, Kota Dumai tidak memberi kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bahkan Dumai hanya memperoleh Multiplier Effect dari keberadaan pabrik dengan nilai investasi 300 juta euro atau setara Rp 4,7 Triliun.

"Dumai hanya memperoleh multipier effect saja. Kalau kontribusi langsung memang tidak ada," ujar Mentri Perindustrian RI, Airlangga Hartato usai meresmikan Pabrik Oleokimia di Dumai, Kamis (14/9).

Menurutnya, satu multiplier effect bagi masyarakat yakni serapan tenaga kerja. Sebab areal ini membutuhkan 1500 pekerja, serta keberadaan pabrik oleokimia ini menjadi nilai tambah bagi bisnis Kelapa Sawit. Terutama bagi para petani Kelapa Sawit yang ada di daerah Riau.

Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food, Franky O. Widjaja mengatakan bahwa pabrik ini bakal memproduksi alkohol lemak berbasis nabati seperti alkohol lemak dam asam lemak dari Minyak Inti Sawit berkelanjutam untuk pangsa pasar Asia, Eropa Timur dan Eropa Barat.

Bahkan pabrik yang memiliki total luas 25 hektar memiliki kapasitar produksi tahunan mencapai 160.000 metrik ton. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help