Masyarakat Umum Bisa Saksikan Grand Final Bujang Dara

Puncak Grand Final sendiri rencananya digelar Jumat (22/9) malam di SKA Co Ex Pekanbaru, sebagai artis

Masyarakat Umum Bisa Saksikan Grand Final Bujang Dara
Tribun Pekanbaru/ Ikhwanul
Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dikunjungi para finalis Bujang Dara Provinsi Riau tahun 2017, Selasa (19/9). Dalam kunjungan ini para finalis ajang pemilihan duta pariwisata tersebut dibekali pengetahuan tentang ilmu kesehatan. 

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Tahun sebelum - sebelumnya acara Grand Final Bujang Dara selalu digelar dengan acara tertutup. Tahun ini puncak pemilihan Bujang Dara dibuka untuk umum dan bahkan menghadirkan Artis untuk hiburan. Sehingga masyarakat bisa menyaksikan langsung dan menikmati persembahan musik.

Puncak Grand Final sendiri rencananya digelar Jumat (22/9) malam di SKA Co Ex Pekanbaru, sebagai artis Pengisi acara menghadirkan Mulan Jamela bersama sejumlah artis tanah air lainnya.

"Ini baru pertama kali kita gelar terbuka untuk masyarakat umum dan penuh meriah. Sehingga kami mengundang bapak ibu dan masyarakat Riau hadir pada puncak Pemilihan Bujang Dara Riau 2017 ini, "ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman kepada Tribun Kamis (21/9).

Panitia dan juri akan menetapkan sepasang bujang dan dara sebagai pemenang tahun 2017 dan akan menjadi duta Pariwisata Riau. Selanjutnya peringkat satu dua dan tiga akan ikut seleksi nasional untuk dipilih menjadi Duta Pariwisata Nasional bersama Provinsi lain di tanah air.

"Akan langsung ditetapkan siapa terbaik menjadi pasangan Bujang dan Dara Riau 2017. Seleksinya sendiri ketat dan mengedepankan kompetensi, "jelas Fahmizal.

Fahmizal Usman juga menjelaskan soal naiknya standar kompetensi Bujang Dara 2017 dibanding tahun sebelumnya. Pada penyelenggaraan terdahulu proses seleksi hanya perwakilan dari Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau.

"Saat ini persaingan lebih ketat bahkan mulai dari audisi yang sangat terbuka semisal sudah melibatkan peserta melalui jalur umum dan disertifikasi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berstandar nasional. Peserta seleksi jalur umum dibuka secara luas untuk seluruh putra-putri Riau yang memenuhi kriteria seleksi," jelas Fahmizal Usman.

Tahapan seleksi yang relatif jauh lebih ketat itulah yang kemudian menjaring 25 pasang finalis. 12 pasang utusan dari Kabupaten dan Kota serta ditambah 13 pasang melalui jalur seleksi umum.

"Seleksi peserta melalui dua jalur itu memungkinkan kuota untuk finalis bertambah. Menjadi lebih banyak sehingga seleksi Bujang Dara 2017 makin kompetitif. Langkah ini juga bertujuan memperbanyak duta wisata yang dapat diberdayakan dalam upaya memajukan pariwisata Riau," ujarnya.

Menjelang malam grand final keseluruhan finalis masih mengikuti karantina. Sebelumnya mereka telah beroleh pembekalan pariwisata Riau, kultur melayu, public speaking, kepribadian, kepedulian sosial sampai pelatihan disiplin yang dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) sampai materi tentang bahaya narkoba dari BNN. (*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved