TribunPekanbaru/

Sehari-hari Kerja Menambang Batu di Tebing, Tugimin Tertimbun Longsoran Batu

"Korban tertimpa longsoran atas nama Tugimin umur 54 tahun pekerjaan penambang alamat

Sehari-hari Kerja Menambang Batu di Tebing, Tugimin Tertimbun Longsoran Batu
TribunPekanbaru/Nando
Alat berat Loader bekerja menyingkirkan material longsor berupa batu cadas berukuran besar di Kilometer 80 Jalan Lintas Riau-Sumbar Desa Merangin Kecamatan Kuok, Senin (14/11/2016). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tugimin warga Gunungsari, Sambirejo, Prambanan, Sleman harus kehilangan nyawa saat mencari nafkah.

Pria 54 tahun yang berprofesi sebagai penambang tersebut tertimpa longsor di wilayah sekitar Gunungsari, Sambirejo, Prambanan, Minggu (8/10/2017).

Makwan, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman menjelaskan, kronologi bermula saat Tugimin baru memecah batu pada pukul 07.00, tanah yang berada di atasnya tiba-tiba longsor dan seketika menimpa Tugiman hingga akhirnya Tugiman tewas di lokasi kejadian.

"Korban tertimpa longsoran atas nama Tugimin umur 54 tahun pekerjaan penambang alamat Gunungsari, Sambirejo, Prambanan," jelas Makwan.

"Lokasi penambangan di tebing wilayah Gunungsari. Kronologi korban baru memecah batu, tanah yang di atasnya longsor menimpa korban, meninggal dunia di TKP," ucapnya.

Lanjutnya, longsor tersebut terjadi karena adanya getaran akibat pemecahan batu. Getaran tersebut membuat tanah yang berada di bagian atas berguguran dan longsor.

Kemudian, korban segera dievakuasi oleh masyarakat dan relawan. Korban kemudian langsung dibawa ke rumah duka.

Makwan berpesan, hujan yang mulai turun di wilayah Sleman harus diwaspadai oleh para penambang.

Hujan tersebut dapat juga menjadi penyebab longsor. "Mewaspadai pereng bukit terjal yang merekah, air hujan bisa memicu longsoran," ujarnya. (*)

Berita ini sudah terbit di Tribunnews.com dengan judul Tugimin Tewas Tertimpa Longsoran Tanah Saat Menggali Batuan Gunung

Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help