TribunPekanbaru/

Disbun Kampar Temukan Keadaan Mengejutkan Ini di Kebun Kopsa-M

Sekretaris Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar, Arman sampai terkaget-kaget saat meninjau lahan

Disbun Kampar Temukan Keadaan Mengejutkan Ini di Kebun Kopsa-M
Tribun Pekanbaru/ Fernando Sihombing
Sekretaris Disbun Kampar Arman mengambil foto kondisi kebun Kopsa-M 2 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kondisi kebun Kopsa-M begitu memprihatinkan.

Sekretaris Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar, Arman sampai terkaget-kaget saat meninjau lahan kebun Kelapa Sawit di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu, Selasa (10/10/2017) sore.

"Ini buktinya nggak pernah dirawat dari awal," celetuk Arman menunjuk ke arah beberapa Pohon Kelapa Sawit di salah satu bagian kebun 1.650 hektare itu.

Arman tampak beberapa kali menjepret dengan kamera telepon selulernya di kebun dengan tanaman tak terawat. Kadang mengambil videonya. Ia bahkan menemukan kebun yang sudah menghutan.

Baca: Selamatkan Pernikahannya, Pria ini Tabung Uang Koin Selama 2 Tahun dengan Hasil Mengejutkan

Di antara pohon Kelapa Sawit tumbuh Mahang menjulang. Bahkan semak belukar sudah melewati tinggi tanaman Sawit yang ditanam sejak tahun 2003 silam.

Amran juga meninjau lahan koperasi seluas 400 hektare yang kini dikuasai PT. Langgam Harmoni. Lahan dijual oleh Mardjan Ustha, seorang mantan petinggi PTPN V. Kemudian lahan hampir 300 hektare yang dikuasai KABIN. Dijual diam-diam oleh pengurus lama, Mustaqim cs.

Amran didampingi Kepala Seksi Budidaya Tanaman Perkebunan, Tamrin bersama beberapa staf. Disbun mengambil titik koordinat dengan GPS di sejumlah titik yang difoto.

Cek lokasi didampingi pengurus dan anggota Kopsa-M serta pegawai PTPN V. Menurut Arman, cek lokasi adalah tahapan pra-penilaian teknis. Selanjutnya, tim gabungan dari Disbun, koperasi dan PTPN V akan melakukan penilaian secara mendalam. (*)

Penulis: nando
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help