TribunPekanbaru/

Indragiri Hilir

Pemkab Inhil Fokus Laksanakan Program DMIJ dan Penyelamatan Kebun Kelapa Rakyat

Saat ini ada beberapa program prioritas yang memang sedang digalakkan oleh Pemkab Inhil.

Pemkab Inhil Fokus Laksanakan Program DMIJ dan Penyelamatan Kebun Kelapa Rakyat
istimewa
 Bupati Inhil HM Wardan beserta istri saat tiba di Kecamatan Concong. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengajak masyarakat Kecamatan Concong berpartisipasi menyukseskan program dan kegiatan prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil.

Saat ini ada beberapa program prioritas yang memang sedang digalakkan oleh Pemkab Inhil.

Antara lain program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ), Program Infrastruktur Ibukota Kecamatan (IKK), Program Maghrib Mengaji, Program Shalat Shubuh Berjama'ah, program Penyelamatan Kebun Kelapa Rakyat dan sejumlah program lainnya.

“Dengan keikutsertaan segenap masyarakat yang dalam hal ini masyarakat Concong, saya yakin pelaksanaan program - program unggulan Pemkab tersebut akan dapat sukses," ujar Bupati dihadapan masyarakat Kecamatan Concong yang hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Penjabat Kepala Desa Concong Dalam di Desa Concong Tengah (Air Bagi), Senin (9/10/2017).

Diantara beberapa program prioritas tersebut, menurut Bupati lagi, ada dua program yang menjadi fokus pelaksanaan Pemkab saat ini, yaitu program DMIJ dan program penyelamatan kebun kelapa rakyat.

Pogram DMIJ berkenaan dengan pembangunan infrastruktur di wilayah perdesaan yang menjadi poros pembangunan daerah.

Sedangkan program penyelamatan kebun kelapa rakyat, secara langsung menyentuh hajat orang banyak karena perkebunan kelapa telah menjadi sumber pendapatan mayoritas masyarakat dan merupakan roda perekonomian daerah Kabupaten Inhil.

“Dalam DMIJ, terdapat pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan dermaga yang menjadi akses utama masyarakat. Jadi, penetapan program ini dibahas begitu panjang bersama DPRD,” ungkap Bupati.

Sementara itu, bukti nyata fokus Pemkab Inhil terhadap sektor perkebunan kelapa sebagai manifestasi dari program penyelamatan kebun kelapa rakyat, menurut Bupati Wardan, dapat dilihat dengan disusunnya sub - program pemberian alat mesin jenis ekskavator untuk membangun tanggul, pengembangan varietas unggul kelapa dalam “Sri Gemilang” serta yang baru saja terlaksana, Festival Kelapa Internasional.

“Keseluruhan program yang diprioritaskan oleh Pemkab tersebut, disusun dengan sebaiknya dan penuh pertimbangan. Penyusunan tidak dilakukan sembarangan. Program disusun secara sistematis, terukur dan harus dilaksanakan secara masif. Untuk itu, mari kita bersama - sama menyuskseskan jalannya program demi mewujudkan Visi Spirit Baru Indragiri Hilir Menjadi Kabupaten Yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat,” tandas Bupati.(*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help