TribunPekanbaru/

Tokoh Mancanegara Banyak Berobat di PCMC, Privasi dan Keamanan Pasien Dijaga Ketat

Chief Executive Officer, Chong Yee Mun mengatakan, soal keamanan dan penjagaan privasi pasien

Tokoh Mancanegara Banyak Berobat di PCMC, Privasi dan Keamanan Pasien Dijaga Ketat
Istimewa
Foto Chief Executive Officer Prince Court Medical Centre (PCMC), Chong Yee Mun (foto istimewa) 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, KUALALUMPUR -- Mengunjungi kerabat, teman atau keluarga di rumah sakit, merupakan suatu hal yang gampang kita lakukan. Apalagi para perawat dan petugas akan memberikan arahan dan petunjuk, dimana orang yang akan kita kunjungi dirawat.

Namun hal itu tidak akan Anda temui di Prince Court Medical Centre PCMC, atau yang juga dinamai dengan Rumah Sakit Mitra Anda, Kuala Lumpur, Malaysia. Ketika Anda bertanya dimana pasien yang Anda tuju dirawat, petugas rumah sakit tidak akan memberi tahu.

Tapi jangan salah, sikap para petugas tersebut bukan berarti menunjukkan ketidakramahan atau enggan menjawab pertanyaan Anda, karena sikap tersebut adalah bagian dari layanan rumah sakit tersebut, untuk menjaga privasi dan keamanan pasien.

Pasien yang datang berobat ke sana tidak perlu kawatir tentang privasinya. Bahkan ketika seseorang berobat kesana serta jenis penyakitnya, publik tidak akan tahu. Semua pihak rumah sakit akan menjaga privasi tersebut.

Bahkan tidak sedikit kepala negara di dunia yang datang berobat di sini, juga para tokoh-tokoh penting mancanegara. Ada yang datang benar-benar untuk berobat, dan banyak juga yang datang berobat sambil berwisata.

Chief Executive Officer, Chong Yee Mun mengatakan, soal keamanan dan penjagaan privasi pasien tersebut memang merupakan salah satu layanan di rumah sakit tersebut.

Baca: Demi Hasil Terbaik, Fotografer ini Biarkan Kakinya Digigit Black Mamba Selama Pengambilan Gambar

"Untuk soal privasi pasien, bisa dibilang kita satu-satunya yang memiliki kelebihan seperti ini. Sehingga pasien merasa aman dan tak perlu cemas tentang privasinya," kata Chong saat berbincang di ruangannya, Rabu (11/10).

Namun demikian, menurut Chong, pihaknya sama sekali tak membatasi pasien untuk menerima tamu atau kunjungan. Tapi jika ada tamu yang datang, maka hal tersebut harus seizin dari pasien yang bersangkutan.

"Tamu bisa menelpon pasien secara langsung, atau jika kesulitan untuk menghubungi pasien, maka perawat akan menayakan dulu kepada pasien, apakah ia mengenal tamu tersebut dan apakah bersedia menerima kunjungan itu," imbuhnya.

Di PCMC, memang menjadi satu-satunya rujukan untuk tokoh-tokoh mancanegara. Sejumlah kepala negara juga memiliki khusus ruangan pribadi di rumah sakit ini. Sehingga jika datang ke Malaysia untuk berbagai keperluan, ketika butuh kontrol atau berobat mereka tinggal menggunakan ruangan tersebut.

"Mereka minta distanby kan ruangan khusus. Sebelum itu, para dubes-dubes dari berbagai negara akan datang untuk melakukan pengecekan, semua kesiapan jelang kepala negara tersebut datang," ulasnya.

Selain itu, keunggulan lainnya dari rumah sakit ini adalah tidak lagi banyak menggunakan kertas untuk pengurusan administrasi atau pun data pasien. Untuk data pasien semuanya masuk langsung dalam sistim komputer, sehingga data, diagnosa, serta riwayat penyakit pasien pun lengkap dalam sistim.

"Kami bisa dikatakan tidak lagi banyak menggunakan kertas untuk administrasi. Kalau pun ada, hanya sedikit, selebihnya dalam sistim semua. Sehingga ketika pasien datang, kita langsung cek dan datanya sudah lengkap, tak susah lagi mencari-cari file. Kalau pun bertukar dokter yang menangani pasien, dokter jadi tahu, kalau pasien tersebut ternyata misalnya ada alergi obat A, karena itu semua sudah ada dalam data pasien, sehingga pasien bisa merasa aman," tuturnya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help