TribunPekanbaru/

Verifikasi APBDP Tunggu Antrean di Pemprov Riau, Sekda Minta OPD Siapkan Administrasi Kegiatan

Rencananya pekan depan Pemko Pekanbaru baru bisa mendapat jadwal untuk pertemuan langsung hasil verifiikasi APBDP.

Verifikasi APBDP Tunggu Antrean di Pemprov Riau, Sekda Minta OPD Siapkan Administrasi Kegiatan
tribunpekanbaru/syafruddinmirohi
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi menandatangani APBD-P 2017, disaksikan empat pimpinan DPRD, pada sidang paripurna pengesahan APBD-Perubahan Pekanbaru 2017, Selasa malam (3/10/2017) tadi. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Verifikasi Anggaran Pendatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Pekanbaru tahun 217 masih menunggu antrian ditingkat Provinsi Riau. Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Noer mengungkapkan, meski maksimal waktu verifikasi ditingkat provinsi adalah 14 hari kerja namun Pemko Pekanbaru tidak bisa memaksa provinsi untuk mempercepatnya.

“Karena APBDP yang mesti diverifikasi itu se Riau dan bukan hanya Pekanbaru saja,”katanya, Rabu (11/10).

M Noer juga mengungkapkan dari koordinasi dengan pihak terkait di Pemerintah Provinsi Riau, rencananya pekan depan Pemko Pekanbaru baru bisa mendapat jadwal untuk pertemuan langsung hasil verifiikasi APBDP.

“Kita tunggu saja, yang penting APBDP kita sudah direspon oleh pemerintah provinsi dan verifikasi sudah berjalan,”ujarnya.

M Noer optimis tidak akan banyak perubahan dalam APBDP kota Pekanbaru meski diverifikasi oleh Pemerintah provinsi Riau. Biasanya kesalahan hanya terjadi pada penulisan numenklatur anggaran.

“Kalau dicoret atau tidak disetujui saya rasa tidak ada,” sebutnya.

Meski saat ini APBDP Kota Pekanbaru masih dalam tahapan verifikasi oleh Pemerintah Provinsi Riau namun menurut M Noer, administrasi pelaksanaan kegiatan yang dialoksikan dalam APBDP sudah bisa dimulai di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Sudah ada yang mulai berjalan mempersiapkan administrasi kegiatan, supaya nanti ketika APBDP siap diverifikasi kegiatan bisa langsung dijalankan," katanya.

Seperti diketahui, setelah dilakukan pembahasan selama beberapa pekan, APBD-Perubahan Pekanbaru 2017, disahkan Selasa (3/10) malam lalu, melalui sidang paripurna. Nilai APBD-Perubahan yang disahkan tersebut sebesar Rp 2,62 triliun.

Angka ini naik sekitar Rp 200 miliar dari APBD Murni kemarin, yakni hanya sebesar Rp 2,35 triliun. Nilai APBDPerubahan yang disahkan ini memang naik dari angka di anggaran murni. Namun kenaikannya karena ada bantuan dana BOS dari Pemerintah Pusat dan Bantuan keuangan (Bankeu).

Nilai ini juga sudah sesuai dengan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang dibahas akhir September lalu.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi saat menghadiri sidang paripurna APBDP 2017 mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Pekanbaru, terutama Banggar dan pimpinan, yang sudah serius membahas APBDPerubahan ini.

Pihaknya sangat percaya hal tersebut dilakukan semata-mata, demi pembangunan kota ini.

"Kami berharap kerjasama yang baik antara Pemko dan DPRD ini terus bergulir ke depannya," kata Ayat.

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help