TribunPekanbaru/

Masyarakat Kelurahan Tanah Datar Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Saat ini, begitu banyak masyarakat yang masih belum bisa melakukan syariat agama islam itu.

Masyarakat Kelurahan Tanah Datar Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
TribunPekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Pelatihan penyelenggaraan Jenazah di Mesjid Muslimin, Jalan Muslimin, Kamis (12/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Beberapa Warga Keluruhan Tanah Datar, Kecamatan Pekanbaru Kota, mengikuti kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, di Mesjid Muslimin, Jalan Muslimin, Kamis (12/10/2017).

Kegiatan yang ditaja pihak kelurahan melalui program pemerintahan Kota Pekanbaru ini merupakan agenda Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW) di Kelurahan Tanah Datar.

Sudah berlangsung selama tiga hari dengan rangkaian kegiatan penyampaian materi hingga praktek langsung penyelenggaraan jenazah. Mulai dari memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga proses penguburan.

Masyarakat kelurahan tanah datar dibimbing langsung oleh narasumber Ustadz M Hamdan Nasution, yang juga bagian dari pengurus mesjid Muslimin tersebut.

M Hamdan Nasution menilai bagus langkah pemerintah dalam memberdayakan masyarakat melalui pelatihan penyelenggaraan jenazah tersebut.

Saat ini, begitu banyak masyarakat yang masih belum bisa melakukan syariat agama islam itu.

"Banyak yang belum pandai, setelah diseleksi dan pelatihan hingga hari terakhir ini, sudah banyak yang bisa untuk mengurus jenazah," jelas Hamdan.

Hamdan menyebut, sejak pertama hingga hari terakhir, Kamis (12/10/2017), seluruh rangkaian kegiatan pelatihan itu berjalan lancar tanpa kendala.

"Harapankan jika nanti ada masyarakat kita yang meninggal di Kelurahan Tanah Datar, masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan ini sudah bisa melakukannya (peyelenggaraan jenazah, red) sesuai ketentuan," ungkap Hamdan.

Ketua RT 02/RW 2 Kelurahan Tanah Datar yang juga peserta dalam kegiatan pelatihan, Adnan Thalib menilai, program ini sangat cocok dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Diakuinya, saat ini orang-orang yang saat ini bisa memandikan jenazah sesuai aturan islam di tempatnya tidak bagitu banyak.

Selain pelatihan penyelenggaraan jenazah, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW) di Kelurahan Tanah Datar, juga digelar pelatihan Posyandu, tata boga, menjahit, dan pelatihan pemadaman kebakaran. (dri)

Tags
Jenazah
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help