TribunPekanbaru/

Riau Siap jadi Tuan Rumah Singapore-Indonesia Youth Leadership Exchange Program

Singapore Indonesia Youth Leadership Exchange Program (SIYLEP) akan membawa 20 orang delegasi dari seluruh provinsi

Riau Siap jadi Tuan Rumah Singapore-Indonesia Youth Leadership Exchange Program
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Keadaan geografis suatu negara yang berdampingan dengan negara lain memiliki keuntungan salah satunya adalah hubungan kekerabatan diantara dua negara.

Begitu pula dengan keberadaan Riau yang berdekatan dengan negara Singapura. Bahkan, beberapa tahun silam kantor perwakilan Singapura berada di Kota Pekanbaru. Ada banyak bentuk kerjasama yang bisa dilakukan.

Atas dasar itu, Riau menyatakan siap menjadi tuan rumah Singapore –Indonesia Youth Leadership Exchange Program. Sebuah program kepemudaan dibawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Singapore Indonesia Youth Leadership Exchange Program (SIYLEP) akan membawa 20 orang delegasi dari seluruh provinsi untuk menjalani program kepemudaan di Kota Pekanbaru diperkirakan pada pertengahan November 2017.

"Tema yang diangkat kali ini adalah mengenai Sociopreneur dan dampaknya bagi masyarakat. Salah satu daerah yang akan menjadi pusat kegiatan program ini adalah daerah Desa Wisata Buluh CIna, Kabupaten Kampar,"ucap Hamdi, anggota PCMI Riau.

Dijelaskannya, program yang berlangsung selama kurang lebih dua minggu itu akan memulai kegiatannya di Jakarta, kemudian beranjak ke negara Singapura lalu Provinsi Riau.

20 Delegasi SIYLEP akan didampingi oleh 20 pemuda lokal. 20 pemuda lokal tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau bekerjasama dengan PCMI Riau sebagai organisasi alumni pertukaran pemuda antar negara.  

“Ada banyak potensi Riau yang dapat kita kembangkan melalui program ini. Maka ketika Riau ditunjuk sebagai tuan rumah, kami merasa senang sekaligus semangat untuk kembali menampilkan dan memberikan yang terbaik dari Riau. Riau sendiri telah dua kali dipercaya sebagai tuan rumah program kepemudaan seperti tuan rumah program pertukaran pemuda Indonesia – Kanada pada tahun 2008 dan pertukaran pemuda Indonesia – Australia pada tahun 2011,“ujarnya.

Dilanjutkan Hamdi, untuk pemuda lokal yang akan ikut serta dalam program SIYLEP merupakan pemuda yang telah lolos seleksi dengan jumlah 10 orang pria dan 10 orang wanita. Pendaftaran untuk mengikuti seleksi telah dibuka pada 8 oktober hingga tanggal 15 oktober 2017.

Setelahnya calon peserta akan di interview pada 19 Oktober 2017. Usai terpilih 20 pemuda lokal, akan dilakukan training atau pembekalan guna memberikan wawasan dan sharing seputar program ini.  

"Bagi yang ingin menjadi bagian program SIYLEP tahun ini, bisa langsung menghubungi Amar di nomor hp 081268298952. Syarat dan ketentuannya juga bisa dibaca pada postingan instagram @pcmi_riau,"ungkapnya.

Ia menambahkan, program ini diharapkan mampu menjembatani hubungan baik kedua negara serta memberikan banyak dampak positif terutama bagi lokasi program seperti Desa Buluh Cina dan Kota Pekanbaru khususnya. "Karena pemuda, dapat mengubah dunia,"sambungya. (*)

Tags
Riau
Penulis: Zul Indra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help