TribunPekanbaru/

Rakyat Sehat Riau Kuat

Hindari Penyakit Lewat Aktivitas Fisik

Lewat aktivitas fisik, beragam penyakit akan terhindar. Maka, kondisi kejiwaaan pun terjaga dengan baik

Hindari Penyakit Lewat Aktivitas Fisik
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman 

MENS sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat, demikian ungkapan pepatah populer. Dalam deretan kalimat itu, tersimpulkan bahwa kestabilan fisik adalah kebutuhan mutlak. Fisik akan bugar dan kuat bila kesehatannya terjaga.

Sedikit saja penyakit menyerang badan. Alamat gaduh semua gerak. Fikiran pun terbawa runyam. Maka, menjaga kesehatan adalah keharusan. Tidak ada toleransi dan tawar menawar untuk urusan ini.

Terkait dengan niatan itu, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Germas adalah, suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat Riau dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu bentuk terapan dari Germas adalah dengan membudayakan aktivitas fisik dalam kegiatan apa pun. Kegiatan fisik adalah pergerakan tubuh yang melibatkan otot rangka yang mengakibatkan pengeluaran energi.

Aktivitas ini bisa dilakukan tanpa memandang waktu dan tempat. Bisa dilaksanakan di sekolah, rumah, tempat bekerja, ruang publik bahkan bisa juga dilakukan bila sedang dalam perjalanan jauh. Setidaknya aktifitas fisik ini dilakukan selama 30 menit dalam sehari.

Kegiatan fisik itu bisa dilakukan dalam bentuk peregangan otot,berjalan cepat pada permukaan rata, naik tangga, menyapu rumah dan lain-lain.

Bila kegiatan ini rutin dilakukan saban hari, maka beragam manfaat akan dipetik. Diantaranya; meningkatkan keseimbangan, mengoptimalkan tumbuh kembang,menurunkan resiko kematian dini,meningkatkan kerja otot jantung paru, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkam fleksibilitas, memelihara tulang, otot dan sendi, mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Dari sisi kejiwaan, aktivitas fisik juga berguna untuk mengendalikan stres, mengurangi kecemasan dan depresi. Artinya, lewat aktivitas fisik, beragam penyakit akan terhindar. Maka, kondisi kejiwaaan pun terjaga dengan baik. (adv)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help