TribunPekanbaru/

Rokan Hulu

Pertahankan Nilai Adat Istiadat, Desa Babussalam Punya Cara Sendiri Tekan Tindak Kriminal

Untuk itulah, apabila terjadi suatu permasalahan maka akan diselesaikan secara kekeluargaan dan adat istiadat yang berlaku.

Pertahankan Nilai Adat Istiadat, Desa Babussalam Punya Cara Sendiri Tekan Tindak Kriminal
tribunpekanbaru/doniputra
Kunjungan Dekan Fakultas Hukum UNRI dan rombongan di Desa Babussalam 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN-Demi meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas di Desa Babussalam, pemerintah desa setempat tetap mempertahankan nilai-nilai adat istiadat yang berlaku.

Kepala Desa Babussalam, Basron mengungkapkan, ‎untuk meminimalisir tindak kejahatan, setiap warga yang tinggal di Desa Babussalam harus mengambil salah satu suku melayu, sebagai orang tuanya di kampung.

Dijelaskannya, seperti kata pepatah, "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung" hal itulah yang menjadi motivasi pemerintahan Desa Babussalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk memprogramkan, setiap masyarakat yang datang dan tinggal di Desa Babussalam harus mengambil salah satu Suku Melayu yang ada di Rohul.

Baca: Video: Pemenang Arisan Terima Rp 40 Juta, Begini Gaya Arisan Elite Ibu-ibu Muda Pekanbaru

Baca: Nama Taufik Gani Heboh saat Dirinya Terang-terangan Hina Presiden dan Artis, Ini 5 Fakta Tentangnya

Program ini juga merupakan implementasi dari julukan Kabupaten Rohul sebagai Negeri Suluk Berpusaka nan Hijau, yakni tetap menjunjung tinggi adat istiadat yang berlaku.

"Apabila program ini terlaksana dengan baik, saya yakin dapat meminimalisir terjadinya tindak kriminal, mengingat dengan telah mengambil suku di salah satu suku melayu, makan orang tersebut sudah menjadi bagian dari keluarga suku tersebut," katanya, Minggu (5/11/2017).

Untuk itulah, apabila terjadi suatu permasalahan maka akan diselesaikan secara kekeluargaan dan adat istiadat yang berlaku.

Basron mengaku, dari 2.473 jiwa jumlah penduduk di desanya, sekitar 400 orang merupakan pendatang yang belum mengambil suku.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help