TribunPekanbaru/

Desember 2017 Ini, Pengusaha Budidaya Ikan di Meranti Bisa Beli Benih di BB

Menurut Syamsuddin, BBI tersebut nantinya akan diisi dengan 110 ribu ikan berbagai jenis.

Desember 2017 Ini, Pengusaha Budidaya Ikan di Meranti Bisa Beli Benih di BB
KOMPAS.com/Yoga Sukmana
Keramba jaring apung budidaya ikan PT Suri Tani Pemuka (STP) di Danau Toba 

Laporan Reporter Tribunpekanbaru.com, Guruh BW

TRIBUNPEKANBARU.COM, SELATPANJANG- Setelah mangkrak sejak 2015 lalu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Meranti mulai melengkapi fasilitas pendukung Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Gogok, Kecamatan Tebingtinggi Barat. 

Kepala DKP Kabupaten Kepulauan Meranti, Syamsuddin saat dikonfirmasi, Rabu (8/11/2017) menjelaskan, fasilitas pendukung yang dilengkapi adalah pembuatan sumur bor, pemasangan terpal pada bak dan pembangunan kolam pendederan.

Menurut Syamsuddin, BBI tersebut nantinya akan diisi dengan 110 ribu ikan berbagai jenis.

"Ada tiga jenis ikan yang akan dimasukan ke BBI yaitu, Nila Salin, 100 ribu ekor, Kakap dan Bawal Bintang masing-masing 5 ribu ekor," ujar Syarifudin.

Syamsuddin mengatakan, BBI bantuan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tersebut ia pastikan siap jelang peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti yang ke 8.

"Hari jadi Meranti kan jatuh pada 19 Desember, jadi kami ingin jadikan BBI itu sebagai kado hari jadi Meranti," ujar Syamsudin.

Lebih jauh Syamsuddin menjelaskan, beroperasinya BBI tersebut akan menunjang para budidaya keramba ikan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Para pengusaha budidaya ikan keramba tidak perlu lagi beli benih ikan bersertifikat ke Batam, Jawa dan Pekanbaru, cukup di BBI saja. Selain jauh lebih murah, benih ikan yang kami jual juga bersertifikat," ujar Syamsuddin.

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help