TribunPekanbaru/

Rokan Hulu

Warga Rohul Diminta Waspada Hadapi Cuaca Ekstrim di Riau

Sesuai Pemetaan BPBD Rohul, ada beberapa daerah yang menjadi langganan bencana Angin Puting beliung

Warga Rohul Diminta Waspada Hadapi Cuaca Ekstrim di Riau
foto/net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN- Menyikapi cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa daerah se Provinsi Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menghimbau agar seluruh masyarakat Rohul dapat tingkatkan Kewaspadaan bencana yang bisa datang kapan saja.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rohul Aceng Herdiana ST. MM ‎ mengungkapkan, peningkatan kewaspadaan dini sangat penting guna mengurangi resiko Bencana, dan korban jiwa pada saat terjadi bencana.

"Kita himbau ke masyarakat, tingkatkan kewaspadaan karena bencana bisa saja hadir sewaktu waktu. Itu dibutuhkan kewaspadaan dalam rangka menjauhkan dari hal -hal yang menyebabkan kerentanan terjadinya kecelakaan dan korban resiko bencana," katanya, Jumat (10/11/2017).

Baca: Siswa SD Muntah saat Jokowi Resmikan Pesawat Nurtanio, Lihat Videonya

Baca: Dokter Syok Lihat Paru-paru Pria Ini Menghilang, Usai Bekam Sama Istri di Rumah

Ia menambahkan, saat ini belum ada Informasi resmi dari Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca Ekstream di Rohul yang berdampak terhadap timbulnya potensi bencana.

Walaupun begitu, Aceng menyatakan, kearifan lokal masyarakat Rohul, biasanya sudah mengetahui bahwa jelang akhir tahun yang diwarnai curah hujan tinggi sering sekali menyebabkan terjadinya bencana seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor.

Diakuinya, dengan kearifan lokal otomoatis masyarakat sudah harus bersiap siaga mulai saat ini, seperti mulai mempersiapkan diri, apa saja yang harus mereka lakukan jika seandainya bencana alam itu terjadi.

"Banjir tidak bisa ditolak, begit juga angin puting beliung dan tanah longsor, tetapi yang bisa kita lakukan sekarang adalah bagiamana mengurangi resiko bencana dan kerugian akibat bencana itu dengan meningkatkan kewaspadaan dini," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help