TribunPekanbaru/

Bahas Profil Lulusan yang Ingin Dicapai, FIKOM UIR Gelar Focus Group Discussion

Dalam hal ini pihaknya ingin lebih mereview kurikulum yang sudah dijalankan sejak FIKOM pertama kali berdiri pada tahun 2009 silam.

Bahas Profil Lulusan yang Ingin Dicapai, FIKOM UIR Gelar Focus Group Discussion
Tribun Pekanbaru/ Rizky Amanda
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (FIKOM UIR) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kurikulum, Sabtu (11/11/2017) pagi. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (FIKOM UIR) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kurikulum, Sabtu (11/11/2017) pagi.

Ada pun tema yang diangkat dalam kegiatan yang digelar di Fave Hotel di Jalan Pinang, Pekanbaru ini yakni 'Redefining Profil Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi UIR dalam Kacamata Stake Holder'.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat FIKOM UIR seperti Dekan Abdul Azis, Ketua Program Studi (Prodi) Muhammad Ar. Imam Riawan, termasuk dari Diskominfo Provinsi Riau dan para praktisi profesional ilmu komunikasi baik dosen, media massa, perusahaan, dan lain-lain.

Dekan FIKOM UIR Abdul Aziz dalam kata sambutannya menuturkan, dalam hal ini pihaknya ingin lebih mereview kurikulum yang sudah dijalankan sejak FIKOM pertama kali berdiri pada tahun 2009 silam.

Menurutnya, saat ini perlu adanya kurikulum yang pas guna meningkatkan kualitas lulusan dari prodi ilmu komunikasi UIR yang siap bersaing di dunia kerja.

"Pada dasarnya kita ingin mengetahui seperti apa profil lulusan yang sebenarnya dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Tentu hal ini sangat urgent sekali," sebut dia.

Untuk itu dikatakannya, kegiatan FGD kali ini bertujuan untuk menjaring masukan dari stake holder komunikasi yang ada di Riau demi penyempurnaan kurikulum yang diajarkan di Prodi ilmu komunikasi FIKOM UIR.

"Kita sangat memahami bahwa stake holder dan user merupakan bagian penting dan paling memahami sebenarnya kebutuhan skil dan pengetahuan yang bagaimana yang dibutuhkan di dunia kerja baik di lingkup pemerintah maupun swasta," ucapnya.

Diungkapkan Dekan, pihaknya akan segera menyusun langkah-langkah untuk mengaplikasikan masukan-masukan ini ke dalam mata kuliah demi perbaikan sumber daya lulusan ilmu komunikasi.

Senada dengan Dekan, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FIKOM UIR Muhammad Ar. Imam Riawan, setidaknya ada 5 profil lulusan komunikasi yang hendak dibentuk.

Diantaranya yakni konsultan komunikasi, peneliti komunikasi, praktisi public relations (PR), praktisi media/ jurnalistik, dan praktisi periklanan (marketing).

"Untuk perumusannya, kita sangat membutuhkan masukan dari para stake holder komunikasi terkait. Tujuan kita tentu agar bagaimana kita bisa menciptakan lulusan terbaik yang punya skil dan pengetahuan yang siap pakai," beber dia.

Ditambahkannya, FIKOM selaku Fakultas ke-9 di UIR dan sudah berdiri pada tahun 2009 lalu dan hanya memiliki 1 jurusan. FIKOM UIR memiliki akreditasi B. Saat ini mahasiswanya berjumlah 836 orang yang sedang mengikuti perkuliahan dari semester 1 sampai 14.(rzk)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help