TribunPekanbaru/

Pedagang Buah di Pinggir Jalan Arifin Ahmad Ditertibkan Petugas, Ini Dia Penyebabnya

Puluhan lapak Pedagang Kali Lima (PKL) yang berjualan di atas trotoar jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru dibongkar petugas Satpol PP Pekanbaru

Pedagang Buah di Pinggir Jalan Arifin Ahmad Ditertibkan Petugas, Ini Dia Penyebabnya
Istimewa
Pedagang Buah di Pinggir Jalan Arifin Ahmad Ditertibkan Petugas 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru: Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM - Puluhan lapak Pedagang Kali Lima (PKL) yang berjualan di atas trotoar jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru dibongkar petugas Satpol PP Pekanbaru, Senin (13/11/2017). Petugas terpaksa membongkar paksa lapak-lapak PKL karena mereka membuka lapaknya diatas trotoar. Kedatangan petugas sontak membuat pedagang yang berjualan di sepanjang ruas jalan ini kocar kacir. Namun ada juga yang menolak untuk pindah. Sempat terjadi adu mulut, namun petugas tetap bersikukuh membongkar seluruh lapak yang berjualan diatas trotoar tersebut.

Pada umumnya pedagang yang berjualan di pinggir jalan arifin ahmad tersebut adalah pedagang buah-buahan. Pada awalnya hanya pedagang yang berjalan dilokasi ini jumlahnya hanya hitungan jari saja. Namun belakangan ini PKL yang berjualan di pinggir jalan arifin ahmad semakin menjamur.

Kepala Satpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian, disela penertiban mengungkapkan, penetiban PKL yang berjualan diatas trotoar tersebut karena keberadaanya melanggar aturan. Sebab mereka berjualan diatas trotoar yang peruntukanya untuk pejalan kaki.

"Kita tidak melarang mereka berjualan, tapi kami minta patuhi aturan yang ada. Jangan berjualan di lokasi yang dilarang. Silahkan berjualan di lokasi-lokasi yang resmi bukan difasilitas umum," katanya.

Zulfahmi mengungkapkan, dalam dua hari terakhir ini pihaknya memang fokus melakukan penertiban PKL yang berjualan diatas trotoar. Pihaknya ingin mengembalikan hak pejalan kaki seutuhnya tanpa harus terganggu dengan lapak-lapaj PKL.

"Setelah kegiatan ini kita akan terus lakukan pengawasan. Tidak hanya disini saja, tapi di tempat lain yang trotoarnya dijadikan tempat berjualan nanti juga akan kita tertibkan," ujarnya.

Selain membongkar lapak-lapak PKL, petugas juga menyita sejumlah meja dan properti dagang selanjutnya langsung diangkut oleh petugas ke Markas Satpol PP Pekanbaru. Tindakan tegas ini dilakukan karena selain merampas hak pejalan kaki, keberadaan PKL yang berjualan diatas trotoar tersebut juga kerap membuat kemacetan, karena pembeli cenderung memakirkan kendaraan mereka di badan jalan saat berbelanja.

"Kita berharap dengan penetiban ini bisa membuat efek jera bagi PKL agar tidak lagi berjualan di lokasi yang dilarang," katanya.(*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help