TribunPekanbaru/

Advertorial

Germas Hidup Sehat Tekan Biaya Kesehatan

"Lewat Germas hidup sehat, masyarakat terhindar dari penurunan produktivitas serta mengurangi beban pembiayaan kesehatan," kata Arsyadjuliandi Rachman

Germas Hidup Sehat Tekan Biaya Kesehatan
Lewat Germas hidup sehat, masyarakat terhindar dari penurunan produktivitas serta mengurangi beban pembiayaan kesehatan. 

GERAKAN masyarakat (Germas) hidup sehat adalah program spesifik yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat sehat serta dengan penuh kesadaran menjalankan pola-pola kehidupan yang juga sehat.

Germas hidup sehat merupakan program yang dijalankan sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Jokowi Nomor 1 Tahun 2017. Program ini menjadi sebuah kemutlakan bagi seluruh stakeholder di tanah air.

Inpres bertujuan untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan promotif dan preventif akan pentingnya hidup sehat. Pada akhirnya program ini menghasilkan masyarakat dengan kualitas kesehatan yang terjaga.

Banyak cara yang bisa dilakukan lewat germas hidup sehat. Mulai skala kecil yang dilakukan secara personal, hingga skala luas yang dijalankan secara komunal.

Dalam bentuk yang paling sederhana, germas hidup sehat dapat dilakukan dengan pergerakan fisik yang rutin dan dikerjakan setiap hari minimal dilakukan selama 30 menit. Juga diiringi dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Ditambah dengan pengecekan kesehatan minimal 6 bulan sekali.

Dengan demikian masyarakat dapat terhindar dari penurunan produktivitas serta mengurangi beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Namun yang paling penting adalah, hidup sehat tentunya akan membuat perjalanan kehidupan aman dan nyaman. Bayangkan saja bila kita didera penyakit, betapa susahnya untuk melakukan aktivitas. Belum lagi, biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan penanganan medik.

Lebih dari itu, orang-orang yang berada di sekitar kita pun akan terbebani dan ikut-ikutan susah. Mereka mesti mengurus dan memikirkan kondisi fisik kita yang dibekap oleh penyakit.

Maka, sudah waktunya kita bijak untuk menjalankan aktivitas gerakan hidup sehat. Baik untuk diri sendiri, keluarga atau pun masyarakat sekitar kita. (adv)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help