TribunPekanbaru/

Lapas Bengkalis Resmikan Gudep Gerakan Pramuka Lapas

Gerakan Pramuka Lapas Kelas II A ini mendapat nomor 01-183 dari Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Bengkalis.

Lapas Bengkalis Resmikan Gudep Gerakan Pramuka Lapas
Tribun Pekanbaru/ Muhammad Natsir
Peresmian Gudep Gerakan Pramuka Lapas Kelas II A Bengkalis oleh Wakil Ketua Kwarcab Bengkalis Irwan N, Selasa (14/11/2017) Sore. 

Laporan Wartawan Tribun Muhammad Natsir

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Lapas Kelas II A Bengkalis secara resmi mendirikan Gugusan Depan (Gudep) Gerakan Pramuka di Lapas Kelas II A Bengkalis. Gerakan Pramuka Lapas Kelas II A ini mendapat nomor 01-183 dari Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Bengkalis.

Peresmian dilakukan langsung oleh Wakil ketua Kwartil Cabang 0404 Bengkalis Irwan N, Selasa (14/11) Sore di halaman Lapas kelas II A Bengkalis. Selain meresmikan Gudep Lapas Bengkalis, Irwan juga melantik Majelis Pembimbing Pramuka Gudep yang di Ketuai oleh Kalapas Bengkalis Agus Pritianto.

Setelah majelis pembimbing resmi dilantik, Agus sebagai Ketua Majelis juga melantik Ketua Gudep 01-183 Lapas Bengkalis. Ketua Gudep di ketuai oleh Agus Prianto pegawai Lapas Bengkalis.

Usai pelantikan, Kepala Lapas Bengkalis menjelaskan pembentukan Gerakan Pramuka Bengkalis merupakan intruksi langsung Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau. "Kita kemarin mendapat intruksi dari Kanwil agar seluruh Rutan dan Lapas di bawah Kanwil Riau harus memiliki Pramuka, " jelas Agus.

Menurut Agus, keberadaan Pramuka di Lapas Bengkalis diharapkan bisa membentuk karakter para warga binaan. Sehingga warga binaan yang ada di sini memiliki karakter yang baik.

"Kita yakin kalau karakter mereka sudah terbentuk dengan baik tentu prilaku juga akan menjadi baik, " ungkapnya.

Agus menjelaskan, untuk tahap pertama pembentukan ini, sekitar 30 warga binaan yang di bina menjadi anggota pramuka. Dari 30 puluh warga binaan yang telah didik sekitar 20 orang memang sudah memiliki dasar Pramuka.

"Kita masih mengembangkan, bahkan pembina pramukannya juga melibatkan warga binaan yang sudah memiliki pengalaman organisasi," jelasnya.

Untuk tahap awal pembinaan pramuka baru berjalan beberapa bulan. Sehingga kegiatan pramuka ini baru tahap awal.

"Namun kita harapkan ke depan terus berjalan gerakan pramuka di Lapas bisa berkembang. Termasuk program kita yang meninginkan seluruh warga binaan bisa ikut dalam gerakan Pramuka, " jelasnya.

Peresmian gerakan Pramuka Gudep Lapas Bengkalis disaksikan perwakilan Kanwil Kemenkumham Riau. Di wakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Maizar.(*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help