All News Rush: Bukan Cuma Eksterior, Dapur Pacunya Juga Alami Perubahan

Perbedaan karakter kedua mesin benar-benar terasa berbeda ketika diuji di mesin dyno. Mesin 2NR-VE lebih halus ketimbang 3SZ-VE

All News Rush: Bukan Cuma Eksterior, Dapur Pacunya Juga Alami Perubahan
Kompas
Mesin 2NR-VE yang digunakan di Toyota All-New Rush 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Walau di atas kertas tenaga dan torsinya lebih kecil dari mesin model lama, mesin All-New Rush dikatakan menawarkan rasa berkendara lebih baik dan makin irit bahan bakar. Kedua karakter mesin itu berbeda.

All-New Rush menggunakan mesin 2NR-VE 1.5L yang sudah lebih dulu dipakai di Grand New Avanza. Jantung pacu itu menggantikan mesin lama Rush, yakni 3SZ-VE 1.5L yang juga dipakai Avanza model sebelumnya.

Dari penjelasan Tommy Hermansyah Product Knowledge Toyota Astra Motor (TAM), perbedaan karakter kedua mesin itu benar-benar terasa berbeda ketika diuji di mesin dyno. Hasilnya, mesin 2NR-VE lebih halus ketimbang 3SZ-VE.

“Jadi, kalau mesin lama dari awal responsif, 0 – 100 kpj tarikannya lebih linear. Sedangkan 2NR-VE karakternya lebih smooth. Mesinnya menahan rpm tidak tinggi saat penggantian gigi, makanya lebih halus,” jelas Tommy, Kamis (23/11/2017).

Baca: VIDEO: Apa Saja Keunggulan Generasi Terbaru Toyota Rush 2017?

Baca: Daihatsu All New Terios Sudah Bisa di Pesan di Riau

Tommy menyadari banyak pertanyaan mengapa tenaga dan torsi turun pada All-New Rush. Dia menjelaskan, kendati turun, dari hasil pengujian akselerasi 0 – 100 kpj pada kedua mesin tidak beda jauh. Angkanya di antara 11 – 12 detik.

“Di atas kertas kan turun, tapi kalau sedang dikendarai seperti enggak terasa itu turun,” ucap Tommy. 

Dari segi eksterior, dimensi mobilnya diklaim lebih luxury dan mengikuti masa kini dengan adanya gril horizontal dengan aksen krom.

Ditambah desain lampu yang lebih sipit semakin menunjukkan kesan 'kekinian' dari mobil ini.

Halaman
12
Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help