Ini Penjelasan Kades Siabu Tentang Pembentukan Koperasi Mitra Ciliandra

Kepala Desa Siabu Kecamatan Salo, Heri A Firdaus akhirnya berhasil dimintai keterangannya terkait pembentukan koperasi mitra PT Ciliandra Perkasa.

Ini Penjelasan Kades Siabu Tentang Pembentukan Koperasi Mitra Ciliandra
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kepala Desa Siabu Kecamatan Salo, Heri A Firdaus akhirnya berhasil dimintai keterangannya terkait pembentukan koperasi mitra PT Ciliandra Perkasa. Ia dihubungi melalui sambungan seluler, Minggu (26/11/2017).

Heri mengatakan, pembentukan koperasi sedang berjalan. "Dalam minggu dekat ini, mungkin akan saya laporkan ke Pemda (Kampar)," katanya.‎ Menurut dia, pembentukan koperasi diawali dengan pemilihan 20 sampai 30 orang sebagai pendiri.

Unsur pendiri, terdiri dari para tokoh di Siabu. Setelah koperasi resmi terbentuk, maka selantunya penetapan calon anggota. Hingga kini, kata dia, belum ada perekrutan calon anggota.

"Yang jelas, saya sudah umumkan melalui RT/RW. Siapa yang mau jadi anggota koperasi," ujar Heri. Soal nama koperasi, kata dia, belum disepakati. Pemerintah desa dengan masyarakat akan berembuk terlebih dahulu.

"Di Siabu kan sudah ada Koptan (Koperasi Petani). Apakah yang dipakai Kopkan ini, atau yang baru, kami harus minta persetujuan masyarakat dulu," jelas Heri.

Ia menegaskan, seluruh masyarakat Siabu berhak mendaftar. Ia tidak menyebutkan kriteria khusus calon anggota koperasi. "Pokoknya, masyarakat Siabu," tandasnya.

Ditanya soal uang kompensasi Rp. 500 juta per bulan, Heri menyebutkan belum cair. Senada dengan Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bustan, ia menyatakan, dibayar setelah koperasi terbentuk.

Uang kompensasi, dalam kesepakatan antara Pemkab Kampar dengan Ciliandra, akan mulai dibayarkan pada Nopember 2017 ini. Heri belum bisa menargetkan kapan koperasi yang terbentuk siap menerima uang kompensasi tersebut. (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved