Amirhan dan Naurah Nazhifah Terpilih Jadi Duta UIN Suska 2017

Selain itu, terpilih sebagai Duta UIN Suska Favorit atas nama Rosmiatin dari Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ekonomi & Ilmu Sosial.

Amirhan dan Naurah Nazhifah Terpilih Jadi Duta UIN Suska 2017
Foto kiriman Rudi Aspriyanto, Menteri Kominfo BEM UIN Suska
Amirhan dan Naurah Nazhifah Terpilih Jadi Duta UIN Suska 2017 

Oleh: Rudi Aspriyanto
Menteri Komunikasi & Informasi BEM UIN Suska Riau

PEMILIHAN Duta UIN Suska Riau 2017 telah mencapai tahap Grand Final pada Jum'at (1/12/2017). Sebelumnya, serangkaian proses seleksi dimulai dengan tes tertulis, psikotes, unjuk bakat dan wawancara personal.

Dalam tahap ini, 38 Kontestan yang terdaftar dari berbagai jurusan harus menyelesaikan butir demi butir soal pengetahuan umum dan psikotes untuk mencapi 20 besar Duta UIN Suska.

Sesampainya pada tahapan Karantina ini 20 Finalis Duta UIN Suska dibekali materi-materi yang diperlukan bila kelak terpilih sebagai Duta UIN Suska 2017. Adapun materi-materi yang dibahas dalam karantina ini antara lain sebagai berikut : Kepemimpinan, Public Speaking, Beauty Class, Catwalk Class dan Class Discussion.

Suasana Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Suska Riau terasa semarak. Pasalnya, pada Jum'at siang (1/12/2017), sepuluh pasang Finalis Duta UIN Suska Riau yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi berprestasi siap berlaga di atas panggung.

“Mahasiswa yang masuk menjadi Finalis Duta UIN Suska Riau tidak hanya memiliki penampilan yang menarik, tapi juga wawasan luas serta public speaking yang handal. Sebab, itu menjadi salah satu indikator penilaian,” ucap Syella Ardani selaku Menteri Kesenian & Kebudayaan BEM UIN Suska Riau.

Syella juga menambahkan, proses seleksi dari para Duta UIN Suska Riau hingga memasuki babak final sangatlah kompetitif. Selain itu, pelaksanaan seleksi pada tahun ini diikuti oleh peserta dari beberapa Fakultas. Kemudian dipilih 10 pasang yang berhak maju ke babak Grand Final melalui penilaian yang sangat ketat.

Aspek penilaian pada Grand Final meliputi public speaking, performa, dan kemampuan menjawab pertanyaan. Pertanyaan telah disiapkan pada kotak undian. Para peserta mengambil secara acak pertanyaan tersebut dan menjawabnya kemudian.

“Penilaiannya tidak hanya dilihat dari kecerdasan, public speaking, penampilan bakat, namun etika juga penting dan kepribadian masing-masing finalis saat menjalani karantina serta dewan juri merundingkan siapa yang pantas dan layak diberikan amanah untuk menjadi Duta UIN Suska ,” ucap Syella Ardani.

Saat puncak pemilihan Duta UIN Suska, para finalis Duta UIN Suska berjalan di atas panggung secara berpasangan (Catwalk) dan bernyanyi bersama, serta para finalis juga wajib menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri.

Halaman
12
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help