TribunPekanbaru/

XL Bantu Operasional dan Kesejahteraan Nelayan Dengan Program Nelayan Go Online

XL Axiata telah menyalurkan perangkat penunjang untuk program Nelayan Go Online berupa smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi Nelayan Pintar

XL Bantu Operasional dan Kesejahteraan Nelayan Dengan Program Nelayan Go Online
Tribun Pekanbaru/ Ikhwanul Rubby
XL Bantu Operasional dan Kesejahteraan Nelayan Dengan Program Nelayan Go Online 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen untuk mendukung pemerintah menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Salah satunya adalah menyiapkan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan.

Bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, XL Axiata merealisasikan program Nelayan Go Online kepada para nelayan di berbagai daerah. Implementasi tersebut dilakukan di Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh, Senin (4/12).

Dalam beberapa bulan terakhir, XL Axiata telah menyalurkan perangkat penunjang untuk program Nelayan Go Online berupa smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi Nelayan Pintar (NELPIN) di sejumlah daerah.

Penyaluran program ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sabang Fair Kota Sabang, bersamaan dengan acara Jambore IPTEK - Sail Sabang 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Minggu (3/12).

Penyaluran telah dilakukan antara lain di Makasssar, Medan, Banda Aceh, Lampung, dan Banyuwangi.

Francky Rinaldo Pakpahan, Vice President West Region XL Axiata mengatakan, “Dukungan kami pada Program Nelayan Go Online ini merupakan realisasi dari komitmen XL Axiata dalam mendukung kalangan nelayan untuk memanfaatkan layanan digital guna meningkatkan produktivitas serta keselamatan selama melaut.

Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama 2 bulan dan handset dari XL Axiata.

Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian NELPIN, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program Nelayan Go Online ini. Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap ikan dengan memanfaatkan NELPIN.

Dr. Ir. Ismail MT selaku Dirjen Sumber Daya & Perangkat Pos & Informatika Kominfo mengatakan sangat mengapresiasi langkah perusahaan yang mengambil bagian dalam program peningkatan produktivitas masyarakat nelayan dengan memanfaatkan sarana berteknologi digital aplikasi NELPIN ini.

"Program Nelayan Go Online dengan NELPIN ini memang searah dengan visi Kementerian Kominfo yang terus mendorong perluasan jaringan infrastruktur Data hingga ke pelosok daerah, termasuk juga mendorong pemanfaatan keunggulan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas masyarakat," ujarnya.

Ia menilai aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan. Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi atau koordinat nelayan (GPS) juga lokasi berkumpulnya ikan. Selain itu tersedia informasi terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan.

Aplikasi NELPIN dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh tanah air.

"Dukungan perusahaan terhadap program Nelayan Go Online ini juga merupakan implementasi atas komitmen menyiapkan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dalam era digital. XL Axiata tidak sekedar membangun infrastruktur telekomunikasi dalam pemenuhan kewajiban seperti yang tercantum  modern licensing, namun lebih dari itu juga sebagai upaya membangun ekosistem agar kehadiran jaringan data di pelosok daerah memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat setempat. Terutama dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk secara ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang sosial lainnya," pungkasnya.

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help