TribunPekanbaru/

Jurusan PMI UIN Suska Riau Raih Akreditasi A

Wujud rasa senang telah meraih hal tersebut, segenap civitas Jurusan PMI mengadakan syukuran di lapangan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau

Jurusan PMI UIN Suska Riau Raih Akreditasi A
Tribun Pekanbaru/ Zul Indra
Ketua Jurusan Drs Syahril Romli M.Ag didampingi Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR Yasril Yazid MIS, melakukan pemotongan tumpeng, sebagai wujud rasa syukur karena telah meraih Akreditasi A, Rabu (6/12). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru: Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Berkat usaha dan kerja keras semua civitas akademinya, Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau berhasil meraih Akreditasi A. Hal ini dibuktikan dengan keluarnya sertifikat oleh BanPT sejak tanggal 12 September 2017.

Sebagai wujud rasa senang telah meraih hal tersebut, segenap civitas Jurusan PMI mengadakan syukuran di lapangan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau, Rabu (6/12/2017). Acara tersebut turut dihadiri oleh Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR Yasril Yazid MIS, Ketua Jurusann Drs Syahril Romli M.Ag dan mahasiswa PMI UIN Suska Riau.

Rangkaian acara dimulai dengan syukuran akreditasi yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, dilanjutkan kegiatan wakaf buku, ceramah agama maulid Nabi Muhammad SAW, serta training motivasi yang mendatangkan pengusah herbal Pekanbaru, Drs Sudirman SAg.

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA mengucapkan selamat kepada Jurusan PMI, karena telah meraih kesuksesan di bidang akreditasi. Ia berharap kedepannya, jurusan dakwah masyarakat tersebut dapat terus mengembangkan jurusannya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR Yasril Yazid MIS,proses akreditasi tersebut sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu dan bulan September kemarin dikeluarkan oleh BanPT. Akreditasi tersebut merupakan yang kedua kalinya.

"Sebelumnya, jurusan PMI sudah mendapat akreditasi B gemuk, jadi perbaikan yang dilakukan tidak banyak. Agar bisa mencapai A,setiap standar diperbaiki, mulai dari visi misi, dosen, sarana dan prasarana, kurikulum baru, hingga restasi dosen dan mahasiswa,"ujarnya.

Dilanjutkan, PMI UIN Suska merupakan jurusan yang paling tinggi dibanding jurusan yang sama di seluruh Indonesia. Saat ini mereka sudah punya lima desa binaan, tenaga pendamping desa, hingga konsultan di masyarakat. 

"Jurusan PMI UIN Suska Riau juga punya Tenaga Pendamping Desa terbaik nasional. Berasal dari Bengkalis namanya Ruliono. Semua tenaga dari Jurusan PMI sudah tersebar di seluruh kabupaten dan kota. Mereka bekerja sebagai praktisi di lapangan, dengan orientasi dakwah pendamping,"ucapnya.

Ketua Jurusan PMI UIN Suska Riau, Drs Syahril Romli MAg menambahkan, tahun ini terjadi peningkatan jumlah peminat jurusan PMI, dari tahun sebelumnya hanya tiga lokal, saat ini sudah enam lokal.

"Perwujudan visi dan misi kita adalah menjadikan jurusan ini menjadi yang terbaik lahi.  Hal pertama yang perlu dilakukan adalah, terus melakukan perbaikan kurikulum sesuai dengan konsentrasi periode dan berbasis KKNI. Misi kita, akan terus mengusahakan peningkatan masyarakat binaan. Saat ini sudah ada dua Desa Binaan kita, yakni Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung Kampar dan  Suku Sakai di Duri. Ke depan minimal tiga desa lagi yang akan kita tambah. Di desa ini dijadikan sebagai pusat laboratorium PMI. Di sana diarahkan juga penelitian dosen, pengabdian masyarakat dan tempat PKL,"paparnya.

"Harapan pada pihak pimpinan kami adalah meminta dibukanya program S2,  dengan modal akreditasi A,"sambungnya. (*)

Penulis: Zul Indra
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help